Sandung Lamur, Bagian Daging Sapi yang Punya Cita Rasa Juicy

Sandung Lamur - pixabay.comSandung Lamur - pixabay.com

Sandung lamur, atau yang disebut dengan Brisket merupakan bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak. Meski pada kenyataannya hampir semua yang memiliki bagian dada bawah akan mempunyai bagian daging ini, namun terminologi yang digunakan untuk bagian daging ini lebih umum digunakan untuk menyebut bagian daging sapi atau bagian daging anak sapi. Sandung lamur merupakan delapan bagian daging sapi yang utama.

Meski bagian daging sandung lamur ini tidak cukup dikenal seperti bagian tenderloin, sirloin maupun iga. Namun sebenarnya bagian sapi ini juga kerap diolah menjadi masakan yang lezat. Terdapat dalam mengolah brisket ini, dikarenakan daging sandung lamur memiliki tekstur yang keras.

“Daging sandung lamur ini second cut artinya bukan yang premium, bukan utama. Brisket adanya di bagian bawah sapi dekat ketiak, teksturnya keras jadi harus dimasak dengan teknik khusus supaya jadi empuk. Masaknya harus low and slow,” kata Chairil, seorang pemilik restoran Carne Smokehouse, yang dilansir dari Okezone.

Lebih lanjut lulusan Australia Brisbane Commercial Cookery ini menjelaskan bahwa ada banyak yang bisa dibuat dengan menggunakan brisket asal paham akan tekniknya. Harus di olah menggunakan waktu yang rama agar dagingnya bisa empuk.karena meski memiliki tekstur yang keras, bagian daging ini juga mempunyai marbling lemak yang cukup banyak jadi masih tetap juicy.

Di Indonesia sendiri terdapat salah satu restoran yang menjadi tujuan para pencari brisket. Kalangan penyuka steak ala Amerika tersebut berbondong datang ke sebuah restoran yang berada di daerah Kemang, Jakarta Selatan untuk dapat menyantap sajian smoked brisket.

Werner Jayson, seorang smoker di Franks Bar and Smokehouse menjelaskan pelanggan banyak mengunjungi restoran ini saat weekend. “Kami menyajikan cita autentik,” ujar Werner Jayson.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tiap pagi, daging sapi bagian brisket ini diasapi selama 10 jam dengan menggunakan bahan bakar kayu rambutan. Secara fresh, daging baru disajikan mulai pukul 17.30 WIB.

Dengan cara mengasapi daging dalam waktu yang lama dianggap memiliki tanda daging yang baik. Lingkaran merah yang terdapat pada daging menandakan bahwa proses pengasapan daging dilakukan dengan benar dan tidak merusak rasa. Sehingga selain daging menjadi empuk dan lembut, juga memiliki lapisan hitam asap yang sangat gurih.

Berbeda dengan steak ala Amerika yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, melalui proses pengasapan ini, selain daging menjadi lembut juga lebih juicy. Karena lemak yang ada di dalam lapisan daging ini menyatu dan memberikan rasa daging yang sebenarnya. Pada prosesnya juga hanya bermodal garam dan lada saja, tanpa bumbu tambahan lainnya.

Bagian daging sandung lamur ini bisa didapatkan di pasar maupun pasar modern dengan harga kisaran mulai dari 80 ribuan per kilogram.

Loading...