Saldo E-Toll Habis? Isi Ulang di Indomaret dan Alfamart Kena Biaya Admin

E-Toll - www.monitor.co.idE-Toll - www.monitor.co.id

Sejak bulan Oktober 2017 kemarin, sejumlah ruas di beberapa daerah di sudah mulai menerapkan dengan atau e-toll. Selain untuk mempersingkat waktu antrean , e-toll juga memiliki kelebihan bisa diisi ulang jika sudah habis. Pengguna dapat mengisi ulang e-toll tersebut di ATM maupun minimarket semacam Indomaret atau Alfamart.

Beberapa kartu e-toll yang bisa diisi ulang di kedua minimarket tersebut di antaranya Tapcash terbitan BNI, e-Money keluaran Bank Mandiri, serta kartu Flazz BCA. Meski demikian, pengisian ulang kartu e-toll atau top-up tunai di beberapa retail tersebut memang dikenakan administrasi maksimal Rp1.500 per , sesuai dengan ketentuan .

“Biaya transaksi top-up e-toll dibebankan berdasarkan ketentuan dari perbankan yang mengeluarkan kartu elektronik tersebut,” papar Corporate Communication Regional Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), Firly Firlandi. “Kalau e-toll keluaran Bank Mandiri dan BNI dikenakan biaya Rp1.000 per transaksi, sedangkan e-toll keluaran BRI dan BCA tanpa biaya atau gratis.”

Firly menambahkan, pada prinsipnya, top-up e-toll bisa dilakukan di semua gerai Alfamart. Jika ada pelanggan yang gagal melakukan pengisian ulang atau menambah saldo e-toll di Alfarmat, hal tersebut karena keterbatasan alat Electronic Data Capture (EDC) bank. “Tidak semua bank memiliki mesin EDC yang lengkap sehingga ada kendala saat pengisian,” sambung Firly.

Senada, CEO BNI wilayah Semarang, Eben Eser Nainggolan, juga mengatakan bahwa isi ulang atau top-up kartu Tapcah keluaran BNI tersedia di semua gerai Alfamart. Top-up di gerai Alfamart memang dikenai biaya Rp1.000 per transaksi. “Biaya tersebut tidak masuk ke bank, melainkan untuk Alfarmat. Kalau bank tidak memungut biaya,” jelas Eben.

Meski ada biaya administrasi, namun pengisian saldo e-toll di Indomaret maupun Alfamart memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, denominasi top-up tunai di retail tersebut relatif lebih kecil dibandingkan di gerbang tol, yaitu minimal Rp20.000. Keuntungan lainnya adalah merchant sudah tersebar luas, dengan Alfarmart memiliki sekitar 13 ribu outlet dan Indomaret punya sekitar 15 ribu outlet.

Loading...