Sajikan Kopi Robusta & Arabika, Ini Harga Kopi Sidomulyo Malang

Kopi Sidomulyo Malang - www.bukalapak.comKopi Sidomulyo Malang - www.bukalapak.com

Malang bukan hanya terkenal dengan dan tempat-tempat wisata alamnya saja. Di salah satu yang ramai di Jawa Timur ini juga dikenal memiliki kopi khas yang sudah cukup melegenda, yakni kopi Sidomulyo. Mulanya Sido Mulia Coffee and Grocery Store yang terletak di Klojen, tepatnya di Jl. Cokroaminoto 2B Malang ini mengusung nama Toko Hwie. Namun karena adanya larangan penggunaan nama dengan bahasa asing, sejak tahun 1972 Toko Hwie berubah nama jadi Toko Sido Mulia.

Toko yang telah dibuka sejak tahun 1948 silam oleh Tjing Eng Hwie ini kini sudah sampai di generasi kedua, yakni Sonny Tjandra. Meski usianya sudah puluhan tahun, kopi Sidomulyo masih memiliki tempat tersendiri di hati para . “Sejak tahun 1953 ketika orangtua saya mulai menjual kopi, kami selalu menekankan keramahan. Saya harus melayani dengan baik, secerewet apapun dia. Kalau baik, orang akan ajak temannya balik ke sini,” jelas Sonny, seperti dilansir Tribunnews.

Hingga kini prinsip tersebut terbukti berhasil mengantarkan kesuksesan untuk kopi Sido Mulia. Tiap hari toko sederhana ini selalu ramai dengan pembeli. Mayoritas adalah tetap, baik dari kalangan perorangan, pemilik warung kopi, hingga pengelola di Malang. Bahkan Sonny mengaku masih sering bertemu pelanggan dari masa orang tuanya.

“Masih banyak pensiunan yang menyempatkan diri datang ke toko sekadar bernostalgia. Kami terima semua sebagai pelanggan dengan baik, mulai dari pengemis sampai Jenderal semua saya perlakukan baik dan dekat,” jelas Sonny.

Kopi Sido Mulia kabarnya didatangkan dari perkebunan Dampit. Mulanya hanya satu jenis kopi bubuk yang , yaitu jenis istimewa. Namun kini variannya sudah semakin berkembang dan pengemasannya pun dirancang lebih modern.

Di Toko Sido Mulia menjual kopi bubuk dalam berbagai varian, baik dalam ukuran berat 1 kilogram, 1/2 kg, dan 1/4 kg. Adapun harga kopi varian Premium Black (dari 100 biji kopi Arabika) per kilo dijual seharga Rp 260 ribu, Premium Silver (100% Arabica) Rp 180 ribu per kg, Istimewa (100% Robusta) Rp 100 ribu per kg, Grade 1A Rp 80 ribu per kg, 1B Rp 64 ribu per kg, 2A Rp 54 ribu per kg, 2B Rp 48 ribu per kg, dan grade 3 harganya paling murah, yakni Rp 40 ribu per kilogram.

Loading...