Sajian Praktis, Berikut Harga Sarden Kalengan di Indomaret

Sarden Kalengan - hellosehat.com

kalengan, seperti sarden dan mackerel, menjadi salah satu pilihan bersantap yang digemari oleh masyarakat di Indonesia karena dinilai praktis dan efisien. Di , tidak sulit mendapatkan makanan kalengan ini, termasuk di minimarket seperti Indomaret. Di waralaba tersebut, sarden dalam kalengan saat ini dengan Rp7 ribuan sampai dengan Rp24 ribuan, tergantung dan kemasannya.

Dikutip dari situs resminya, Indomaret sekarang menjual Gaga Sardines Chili & Tomato kemasan 155 gram dengan harga Rp7.400, sedangkan Maya Sardines in Tomato Sauce dalam kemasan yang sama ditawarkan Rp7.700. Untuk merek ABC, Sardines Chili 155 gram sekarang dijual Rp8.100, sedangkan kemasan 425 gram dipasarkan Rp19.200. Sementara, merek Botan Sardines Premium in Tomato kemasan 155 gram dijual Rp8.700 dan kemasan 425 gram ditawarkan Rp19.600. Di samping itu, tersedia juga King’s Fisher Sarden Goreng Balado yang dijual dengan harga Rp9.800 untuk kemasan 155 gram dan Rp24.400 untuk kemasan 425 gram.

Belakangan, ikan sarden dalam kalengan memang ramai dibicarakan karena tersiar isu adanya cacing dalam beberapa merek. Namun, seperti diberitakan National Geographic, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan bahwa cacing tidak ditemukan di produk ikan sarden kalengan, melainkan di tiga merek ikan mackerel kalengan, yaitu Farmerjack, IO, dan HOKI. Ketiga merek itu sendiri sekarang telah ditarik dari peredaran karena tidak layak konsumsi.

“Hasil analisis dan temuan BPOM menyatakan bahwa cacing pada produk-produk mackerel kalengan tersebut sudah mati, bukan cacing hidup,” tulis National Geographic. “Cacing yang ditemukan adalah jenis cacing parasit Anisakis sp., yang menurut jurnal Clinical Microbiology Reviews, jika dikonsumsi oleh manusia, meski dalam keadaan mati, bisa menimbulkan masalah .”

Menurut jurnal Foodborne Pathogens and Disease tahun 2010, ada dua hal yang mungkin terjadi bila Anda mengonsumsi cacing di sarden atau mackerel kalengan, baik cacing mati maupun hidup. Yang pertama adalah gangguan pencernaan, dengan gejala mual, muntah, dan diare, serta yang kedua adalah reaksi alergi terhadap cacing ini.

Loading...