Sajian Gurih Saat Lebaran, Harga Stik Keju Per Kilo Rp50 Ribuan

Harga, stik, keju, per, kilo, kg, cheese, stick, kue, kering, nastar, kastengel, lidah kucing, Lebaran, Hari, raya, edam, parmesan, mahal, produk, rasa, fermentasi, di, pasaran,Kue stik keju, sajian gurih khas Lebaran (sumber: primarasa.co.id)

Perayaan Lebaran identik dengan sajian kue-kue kering yang nikmat. Mulai dari nastar, kastengel, ataupun kue lidah kucing. Jika Anda termasuk dalam kategori tak terlalu suka kue kering yang manis, maka Anda mungkin cocok untuk mencicipi aneka kue kering dengan cita rasa yang lebih gurih dan garing. Salah satu kue kering dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah adalah kue kering stik keju atau cheese stick.

Pembuatan stik keju tergolong cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun tak sulit, seperti tepung terigu, tepung tapioka, keju, telur ayam, margarin, air, dan penyedap rasa. Anda bisa membuat kudapan yang satu ini dengan cara menyampurkan semua bahan hingga rata. Masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menggumpal dan kalis.

Setelah itu, ambil adonan dan letakkan di selembar plastik, kemudian giling sampai tipis. Giling lagi adonan tersebut mesin penggiling mie atau pasta. Kemudian potong seukuran fetuchini atau sesuai keinginan. Goreng hingga berwarna keemasan, angkat dan dinginkan. Langkah terakhir, simpan cheese stick dalam wadah kedap udara.

Namun jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah cheese stick yang banyak hadir di . Menjelang Idul Fitri, biasanya sejumlah toko memberikan penawaran khusus untuk produk kue kering seperti stik keju ini. Satu kilo stik keju umumnya dengan Rp55 ribuan per kg. Namun jika cheese stick menggunakan keju edam maka ditawarkan dengan yang lebih mahal sekitar Rp100 ribuan untuk kemasan 1 kilo.

Keju edam ini merupakan keju keras/ hard cheese yang terkenal dari Belanda. Bentuknya yang bulat dan dilapisi oleh lilin berwarna merah membuat keju ini mudah sekali untuk dikenali. Keju ini dinamai Edam karena pertama kali dibuat di Edam, Holland Utara.

Keju edam terbuat dari susu skim/low fat, sehingga kandungan lemaknya tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan keju lainnya, yaitu mencapai 28%. Keju edam memiliki rasa yang sangat lembut dan cenderung seperti kacang. Baunya juga tidak begitu menyengat karena kandungan lemaknya yang rendah. Keju edam sering digunakan untuk membuat kue kering seperti kastengel, nastar, cheese stick, dan lain-lain.

Andry Suwandi, Head Pastry Chef dari DORE by LeTAO mengungkapkan keju dalam membuat kue jatuh pada keju edam. Menurutnya, keju ini paling pas digunakan dalam resep kue kering. “Keju edam punya rasa gurih dan asin serta aroma yang kuat, dia paling oke untuk kue kering, seperti kastengel.” ungkapnya kepada CNN Indonesia.

Sama seperti jenis keju parmesan, keju edam juga tergolong ke dalam jenis keju yang berusia tua. Keju ini bertekstur kering dan keras sehingga tidak akan mempengaruhi tekstur kue. Selain itu, proses fermentasi yang panjang membuat rasa dari keju sudah terbangun. Kue yang dihasilkan pun lebih baik dari segi rasa dan tekstur.

Loading...