Rupiah Tembus 13.500, Pemerintah Harus Perbaiki Perekonomian Indonesia

rupiah-100000Dampak penguatan Dolar AS secara global turut membuat Rupiah terseret hingga ke level 13.500-an. Berdasar data dari Indeks Dolar , pada penutupan minggu ini (31/7) berada pada level Rp 13.539 per Dolar AS. Sedangkan menurut Indonesia melalui referensi (Jakarta Interbank Spot Dolar Rate), Rupiah hinggap di level Rp 13.481 pada penutupan di hari Jumat lalu.

Trian Fathria, Research and Analyst Divisi Tresuri BNI, berpendapat bahwa pelemahan Rupiah kali ini adalah sebagai bentuk respon dari terhadap rencana kenaikan suku bunga AS (The Fed). “Hasil statement disambut baik pelaku pasar, ini sentimen utama pelemahan rupiah,” ujarnya. Ditambah lagi dengan sentiment eksternal, yakni data PDB Serikat kuartal ke-2 tahun 2015 ini yang mengalami perbaikan signifikan.

Pemerintah kali ini tak punya banyak pilihan untuk menyelamatkan Rupiah. Satu-satunya langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki sistem dalam negeri untuk mencegah anjloknya nilai tukar Rupiah. “Kami dorong , birokrasi dikurangi, dan penegakan hukum. Ini pasti membuat ekonomi (Indonesia makin) bersaing dan menguatkan rupiah,” papar Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Perekonomian usai menghadiri forum bisnis Indonesia-Turki di Jakarta, kemarin (1/8). Hingga pekan depan tampaknya Rupiah belum bisa tampil prima, Rupiah diprediksi akan bergerak di kisaran 13.500 hingga Rp 13.600 per Dolar AS.

Loading...