Rupiah Tak Mampu Ungguli Dolar AS yang Sedang Melemah di Pasar Asia

kipas-dollarrupiah kembali melemah terhadap Dolar AS pada pembukaan perdagangan pagi ini (26/8) . Indeks Dolar mengutip bahwa turun 36 poin (setara 0,26%)ke level 14.090 per Dolar Amerika Serikat. Hal ini berlawanan dengan prediksi yang meramalkan Rupiah bakal bergerak naik karena posisi Dolar AS sedang melemah, belum lagi didukung dengan keputusan Bank sentral untuk memangkas suku bunganya.

Pergerakan Dolar AS mulai terpantau melemah di pasar Asia hingga kemarin sore (25/8). Seiring melemahnya Dolar tersebut, tekanan pada Rupiah pun makin berkurang. Meski begitu, Rupiah gagal untuk ditutup menguat pada akhir sesi perdagangan di hari Selasa kemarin. “Berbagai kebijakan stabilisasi nilai tukar dan yang baru diluncurkan belum terlihat memberikan efek signifikan terhadap Rupiah,” kutip Samuel Sekuritas dalam hasil risetnya, pagi ini (26/8).

Samuel Sekuritas juga menyinggung tentang faktor lain yang bisa sedikit membantu Rupiah untuk memperbaiki posisinya, walaupun arus pelemahan tetap tak bisa dihindari jelang pengumuman hasil rapat di pertengahan bulan September mendatang. “ dan komoditas lain yang mulai naik malam tadi (25/8) berpeluang mengurangi tekanan pelemahan Rupiah. Kendati secara umum tekanan pelemahan seharusnya tetap ada menjelang pengumuman FOMC meeting tengah bulan depan (September),” papar hasil riset Samuel Sekuritas tersebut.

Loading...