Selasa Pagi, Rupiah Rebound Terdorong Peringkat Utang Moody’s

Rupiah - viva.co.idRupiah - viva.co.id

JAKARTA – Rupiah mampu bangkit ke teritori hijau pada Selasa (11/2) pagi, terdorong pengumuman peringkat utang terbaru dari Moody’s Service. Menurut catatan Index, Garuda mengawali transaksi dengan menguat 17 poin atau 0,12% ke level Rp13.695 per . Sebelumnya, spot berakhir melemah 37 poin atau 0,27% di posisi Rp13.712 per pada Senin (10/2) kemarin.

Moody’s Investor Service baru saja mempertahankan peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2 dengan outlook stabil. Mengacu pada definisi rating Moody’s, peringkat Baa2 artinya surat berharga yang diterbitkan Indonesia masuk dalam moderate credit risk dan medium grade. Sementara, stable outlook menggambarkan posisi rating yang akan stabil dalam beberapa waktu ke depan serta menunjukkan risiko yang berimbang.

“Afirmasi tersebut menunjukkan masih terdapat optimisme stakeholders internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia di tengah tantangan global maupun domestik,” tutur Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. “Prospek perekonomian yang tetap positif tersebut merupakan hasil dari sinergi bauran kebijakan yang selaras antara Bank Indonesia dan pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.”

Dalam laporannya, Moody’s menyatakan kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah pertumbuhan ekonomi yang kuat dan stabil serta rendahnya beban utang pemerintah, yang dijaga melalui konsistensi disiplin fiskal dan penekanan pada stabilitas makroekonomi. Namun, lembaga ini juga menyebutkan sejumlah tantangan yang saat ini dihadapi antara lain penerimaan pemerintah yang rendah, ketergantungan pemerintah terhadap pendanaan eksternal, serta kerentanan struktur ekonomi terhadap siklus komoditas.

Tanda-tanda apresiasi rupiah juga dipaparkan oleh CNBC Indonesia. Dalam analisis mereka, mata uang domestik berpotensi menguat pada perdagangan hari ini ketika melihat pergerakan kurs di Non-Deliverable Market (NDF). NDF seringkali memengaruhi psikologis pembentukan di spot. Karena itu, kurs di NDF tidak jarang diikuti oleh spot.

Loading...