Rupiah Menguat Tipis jelang sesi penutupan sore ini

rupiah-100000Sore ini (31/3) ditransaksikan sedikit menguat sebesar 12 poin di posisi Rp 13.063 per Dolarnya pada sesi penutupan perdagangan antar bank lokal di Jakarta. Posisi ini lebih baik dari level sebelumnya di titik Rp 13.075 perDolar Amerika. “Sentimen positif dari dalam negeri (masih) cukup positif menjelang dirilisnya data inflasi dan neraca perdagangan yang diekspektasikan bergerak positif oleh para pelaku uang dalam negeri,” kata Rully Nova, Pengamat Uang dari Himpunan Bank Saudara saat ditemui di Jakarta.

Rully memproyeksikan bahwa laju inflasi masih tetap rendah dan tidak berbeda jauh dengan bulan Februari 2015 lalu. Rilis data neraca perdagangan Indonesia masih dalam tren perbaikan. “Itu menandakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia (masih) stabil sehingga dalam jangka menengah maupun panjang akan menopang posisi mata uang Rupiah sendiri,” ujarnya menambahi.

Meski pada bulan Maret ini ada kenaikan harga bahan bakar minyak () bersubsidi, tetapi laju inflasi ke depannya masih diperkirakan akan stabil menyusul adanya musim panen di beberapa wilayah di Indonesia pada bulan April ini, sehingga dapat mengimbangi sentimen negative akibat kenaikan .

Masih Menurut Rully, Di sepanjang tahun 2015 ini fluktuasi nilai tukar Rupiah terhadap juga masih relatif baik di kawasan menyusul adanya ekspektasi pasar bahwa belum akan menaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat. “Spekulasi bahwa akan menunda kenaikan Fed fund rate pada pertengahan tahun ini, mendorong aset mata uang berisiko (termasuk Rupiah) masih diminati oleh investor,” tandas Rully.

Loading...