Selasa Pagi, Rupiah Hijau Saat Pasar Libur Natal

rupiah - kumparan.comrupiah - kumparan.com

JAKARTA – mampu melaju di zona hijau pada Selasa (24/12) sore ketika aktivitas pasar dalam negeri dan sebagian besar pasar global libur karena perayaan Hari . Menurut Valuta FX pada pukul 08.00 WIB, Garuda terpantau berada di level Rp13.954 per , lebih tinggi dari sebelumnya di posisi Rp13.963 per AS.

Laju positif rupiah juga terlihat di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF). Ini adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula. Dilansir CNBC , pada hari ini pukul 07.25 WIB, spot berada di level Rp13.953 per dolar AS, naik dari posisi sebelumnya di Rp13.981 per dolar AS.

Harapan damai hubungan perdagangan AS dan China masih menjadi faktor penopang kenaikan mata uang sejak awal pekan kemarin. Pada Jumat (20/12) waktu setempat, Presiden AS, Donald Trump, melalui akun Twitter pribadinya mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan ‘pembicaraan yang sangat baik’ dengan Presiden China, Xi Jinping. Hal tersebut menambah optimisme pelaku pasar kesepakatan dagang fase I segera diteken.

China pun menyampaikan kabar bagus bagi pasar global. Senin (23/12) kemarin, pemerintah Negeri Tirai Bambu menyatakan bahwa pihaknya akan menurunkan bea masuk terhadap 850 produk asal AS mulai tanggal 1 Januari mendatang. Kesepakatan dagang fase pertama ini akhirnya menjadi terobosan besar bagi kedua negara setelah berperang dagang dalam 18 bulan terakhir.

Namun, analis Monex Investindo, Faisyal dilansir Kontan, menuturkan bahwa pelaku pasar masih pesimistis terhadap kesepakatan dagang antara AS dan China dapat terjadi dalam waktu dekat. Pekan ini, pergerakan kurs rupiah akan dipengaruhi oleh data pesanan barang tahan lama AS. “Jika hasilnya masih sesuai konsensus atau lebih baik, peluang rupiah melemah terbuka,” ujarnya.

Sementara itu, ekonom Standard Chartered, Aldian Taloputra, mengatakan bahwa pergerakan rupiah jelang akhir tahun cenderung stabil karena sudah priced in. Menurutnya, tidak banyak perubahan pada rupiah, kalaupun ada, pergerakan cenderung tipis dan stabil. Ia optimistis bahwa spot akan bergerak di kisaran Rp13.900 per dolar AS.

Loading...