Jumat Sore, Rupiah Positif Jelang Rilis NFP AS

Rupiah - www.indopos.co.idRupiah - www.indopos.co.id

JAKARTA – mampu mempertahankan posisi di area hijau pada Jumat (4/10) sore ketika menantikan rilis data nonfarm payroll AS bulan September yang diperkirakan akan mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Menurut catatan Bloomberg Index pada pukul 15.40 WIB, mata uang Garuda menguat 35 poin atau 0,25% ke level Rp14.137 per AS.

Sementara itu, siang tadi Bank Indonesia menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.135 per dolar AS, melonjak 58 poin atau 0,41% dari sebelumnya di level Rp14.193 per dolar AS. Di saat yang hampir bersamaan, mata uang kompak mengungguli , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,75% menghampiri won Korea Selatan.

Dari pasar global, indeks dolar AS relatif bergerak lebih rendah pada hari Jumat, setelah survei sektor jasa AS yang lemah mendukung kekhawatiran bahwa tekanan dari perselisihan perdagangan dengan China dan -negara lain dapat meluas ke AS dan akhirnya mendorongnya ke dalam resesi. Mata uang Paman Sam terpantau hanya naik tipis 0,006 poin atau 0,01% ke level 98,870 pada pukul 15.37 WIB.

Dilansir Reuters, sebuah survei dari Institute for Supply Management (ISM) AS menunjukkan indeks aktivitas non-manufaktur negara tersebut turun menjadi 52,6 pada September kemarin, terendah sejak Agustus 2016, dan jauh di bawah ekspektasi 55,1. Ini menyusul survei serupa pada hari Selasa (1/10) yang menunjukkan aktivitas jatuh ke posisi terendah lebih dari 10 tahun, meningkatkan kekhawatiran resesi AS.

“Orang-orang mengatakan bahwa permintaan domestik AS akan tetap kuat bahkan ketika permintaan eksternal melemah. Namun, seiring berlalunya waktu, konsumsi AS akan terpengaruh oleh apa yang terjadi di luar,” papar kepala strategi mata uang di MUFG Bank, Minori Uchida. “ sekarang menjadi lebih berhati-hati untuk merekrut dan mengeluarkan .”

Saat ini, investor menantikan rilis data nonfarm payrolls AS bulan September yang akan diumumkan hari ini waktu setempat. Konsensus pasar yang dihimpun Reuters memperkirakan ekonomi AS dapat menciptakan 145.000 lapangan kerja pada bulan kesembilan, membaik dibandingkan bulan Agustus yang tercatat 130.000.

Loading...