Rupiah Menguat 0,24% Terhadap Dolar AS Siang ini

MARKETS-PRECIOUS/ tengah terhadap Amerika Serikat siang ini (10/6) ditransaksikan menguat sebesar 0,24%. Rupiah bertolak ke level Rp 13.329 per Dolarnya, dari kurs tengah kemarin di posisi Rp 13.362 per Amerika. Namun, jika dibandingkan dengan kurs tengah Jumat pekan lalu (5/6) di level Rp 13.230 per UDD, Rupiah tercatat melemah tajam sebanyak 1,01%. Sedangkan menurut kurs tengah dari Indeks Bloomberg yang dicatat pada pukul 11.12 WIB, Rupiah siang ini melemah 0,21% ke posisi Rp 13.336 per .

Tingginya permintaan akan Serikat di pasaran hingga akhir bulan ini masih membayangi Rupiah. Kondisi pasar global masih belum banyak berubah. Revisi PDB Zona Euro untuk triwulan pertama 2015 masih menunjukkan bahwa perekonomian di Zona Euro semakin solid. Indeks Dolar diketahui melemah, meski angka job openings AS telah dirilis ternyata tidak banyak membantu mengembalikan posisi Dolar.

Sementara posisi Rupiah berhasil terangkat bersama dengan penguatan Asia lainnya, walaupun harus terpangkas 2,3% akibat tekanan di pasar yang semakin intensif. Salah satu periset Samuel Sekuritas turut angkat bicara terkait pelemahan Dolar, “Indeks dollar AS yang kembali turun hingga dini hari tadi berpeluang mencegah pelemahan rupiah. Walaupun demikian permintaan dollar AS oleh pelaku ekonomi domestik diperkirakan masih tinggi di sepanjang Juni akan menjaga tekanan depresiasi hingga akhir bulan,” ujarnya.

Loading...