Rupiah Melemah, Sektor Industri Lokal yang Diuntungkan

Bambang brodjonegoroPemerintah tampaknya harus bekerja ekstra untuk menekan efek negatif yang muncul akibat melemahnya posisi , setidaknya hal ini akan berpengaruh pada kondisi perekonomian pada sektor ekspor jangka panjang. sempat jatuh ke level terendah yang sudah pernah dialami pada tahun , terhitung turun sebesar 4,4% sejak awal tahun 2015. Meskipun sedikit menguat pada penutupan hari Jumat lalu (6/3) pada posisi Rp 12.983 per Dolarnya, namun tetap saja masih kalah 4% dibandingkan harapan pemerintah tahun ini yang memperkirakan akan stabil pada Rp 12.500 perDolarnya.

Menteri Keuangan Indonesia, Bambang , mengatakan bahwa melemahnya posisi Rupiah ini tampaknya tidak akan banyak berpengaruh terhadap defisit anggaran negara, karena defisit tersebut bukan merupakan ulah dari pihak Indonesia sendiri. “ telah melakukan analisis. Efek (melemahnya Rupiah) sangat kecil. Saya telah menghitungnya dan itu benar-benar kecil, “kata Bambang pada hari Jumat lalu (6/3).

Dia juga menambahkan bahwa melemahnya Rupiah terjadi bersamaan dengan sejumlah negara lain di Asia karena posisi yang menguat yang didukung oleh harapan bahwa Amerika akan mulai meningkatkan suku bunga pada akhir tahun ini (2015). Tapi, Bambang melihat kondisi ini sebagai kesempatan yang menguntungkan bagi sektor lokal, misalnya manufaktur dan .

Loading...