Selasa Sore, Rupiah Berakhir Melemah Saat Kurs Asia Bangkit

Rupiah - BBC.comRupiah - BBC.com

JAKARTA – Setelah bergerak dalam kisaran yang sempit serta cenderung , akhirnya harus menutup Selasa (27/8) sore di zona merah ketika justru naik di tengah ekspektasi penyelesaian konflik dagang AS-China. Menurut Index pada pukul 15.58 WIB, Garuda melemah 12 poin atau 0,09% ke level Rp14.255 per dolar AS.

Sementara itu, Bank Indonesia siang tadi menetapkan kurs tengah berada di posisi Rp14.235 per dolar AS, menguat 26 poin atau 0,18% dari perdagangan sebelumnya di level Rp14.261 per dolar AS. Di saat yang hampir bersamaan, mata uang Asia juga kompak mengungguli , dengan kenaikan tertinggi sebesar 0,41% menghampiri yen Jepang.

Seperti diberitakan Reuters, yen memimpin penguatan mata uang di Asia menyusul kabar yang mengatakan bahwa Washington dan Beijing telah menunjukkan kesediaan untuk kembali ke meja perundingan guna menyelesaikan pertikaian perdagangan mereka, beberapa hari setelah kedua belah pihak mengumumkan baru. Sebelumnya, pasar telah dikacaukan oleh perselisihan yang tak kunjung selesai.

Presiden AS, Donald Trump, pada Senin (26/8) kemarin mengungkapkan bahwa China telah meminta agar perundingan perdagangan antara kedua negara dimulai kembali. Permintaan itu disampaikan beberapa jam setelah Wakil Perdana Menteri China, Liu He, menyerukan kedua belah pihak untuk bersikap tenang di tengah memanasnya tensi perdagangan akibat rencana pengenaan tarif baru terhadap satu sama lain.

“Semalam, dolar AS sempat menguat karena optimisme tentang kesepakatan perdagangan, tetapi kemungkinan pasar bergerak sedikit lebih maju,” ujar ahli strategi valuta asing senior di IG Securities, Junichi Ishikawa. “Beberapa pedagang dapat memesan sedikit keuntungan di sini. Masih ada begitu banyak masalah yang dapat memicu bentrokan antara AS dan China.”

Seiring dengan penguatan mayoritas mata uang Asia, indeks dolar AS yang melacak pergerakan mata uang dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama dunia, terpantau melemah 0,123 poin atau 0,13% ke level 97,958 pada pukul 13.51 WIB WIB. Sebelumnya, mata uang Paman Sam mampu ditutup menguat 0,441 poin atau 0,45% di posisi 98,081.

Loading...