Senin Pagi, Rupiah Tetap Merah Jelang Rilis Data Inflasi

Rupiah melemahRupiah melemah pada perdagangan Senin (2/12) pagi - www.islamtimes.org

JAKARTA – masih belum bisa lepas dari area merah pada Senin (2/12) pagi menjelang pengumuman angka November 2019. Menurut data Bloomberg Index, Garuda melemah 12 poin atau 0,09% ke level Rp14.120 per dolar pada pukul 09.12 WIB. Sebelumnya, spot ditutup terdepresiasi 16 poin atau 0,11% di posisi Rp14.108 per dolar pada akhir pekan (29/11) kemarin.

“Pertumbuhan AS sedikit meningkat pada kuartal ketiga tahun ini, berbeda dengan indikator lain yang menunjukkan perlambatan dalam aktivitas global, sehingga mendorong dolar AS untuk bergerak menguat dan melemahkan rupiah,” ujar Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim, dilansir Bisnis. “Selain itu, rupiah juga terpapar sentimen negatif karena akan melakukan tindakan tegas setelah Presiden AS, Donald, Trump menandatangani RUU terkait dengan Hong Kong.”

Senada, Head of Economic & Research UOB , Enrico Tanuwidjaja, mengatakan, konflik antara AS dan China kembali panas usai Presiden menandatangani Undang-Undang yang mendukung demonstrasi pro-demokrasi di Hong Kong. Sementara, dari dalam negeri, data inflasi November diperkirakan tidak akan berpengaruh banyak pada pergerakan rupiah.

Siang ini, Badan Pusat Statistik () memang dijadwalkan akan mengumumkan laporan angka indeks konsumen (IHK) atau inflasi sepanjang November 2019. memperkirakan inflasi sepanjang bulan kemarin cukup terjaga dan stabil di kisaran 0,18%, dengan inflasi tahunan mencapai angka 3,1%. Inflasi masih akan dipicu oleh kenaikan ayam ras dan telur.

Menurut analisis CNBC Indonesia, sebenarnya rupiah punya peluang rebound pada pagi ini. Pasalnya, penguatan rupiah sudah terlihat di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF) yang seringkali menjadi cerminan arah pergerakan di pasar spot. Namun, rilis data ekonomi terbaru kurang mendukung. Laporan HIS Markit menunjukkan angka Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia periode November 2019 hanya berada di angka 48,2 atau masih di bawah level 50 sebagai titik mula.

Loading...