PPKM Kembali Dilonggarkan, Rupiah Tetap Melemah

Rupiah - en.tempo.coRupiah - en.tempo.co

JAKARTA – masih belum bisa keluar dari zona merah pada perdagangan Selasa (14/9) pagi meskipun kembali melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan (PPKM). Menurut catatan Bloomberg Index pukul 09.01 WIB, Garuda melemah tipis 5 poin atau 0,04% ke level Rp14.257,5 per . Sebelumnya, spot harus ditutup terdepresiasi 50 poin atau 0,35% di posisi Rp14.252,5 per pada transaksi Senin (13/9) kemarin.

sekarang melihat data untuk petunjuk lebih lanjut tentang The Fed untuk memulai pengurangan aset,” kata Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, dilansir dari Antara. “ menunggu data indeks harga konsumen AS yang dirilis hari ini, setelah akhir pekan lalu keluar data indeks harga produsen (PPI) Agustus 2021 yang tumbuh 0,7% secara bulanan.”

Dari data pekan lalu, terlihat bahwa inflasi AS yang tinggi kemungkinan akan bertahan untuk sementara waktu, dengan rantai pasokan tetap ketat karena pandemi -19 masih berlarut-larut. Ibrahim melihat, pejabat The Fed dinilai akan berusaha untuk mendapatkan kesepakatan pada pertemuan bank sentral bulan ini guna mulai mengurangi pembelian aset obligasi pada bulan November.

Hampir senada, analis Monex Investindo Futures, Faisyal, mengatakan bahwa rupiah masih berpotensi bergerak lebih rendah, mengingat AS masih akan menguat meskipun kasus Covid-19 kembali naik. Pasalnya, masih berencana untuk melakukan tapering off pada tahun ini meskipun data tenaga kerja belum pulih, tetapi ada proses perbaikan di AS.

Sedikit berbeda, analisis CNBC Indonesia memperkirakan rupiah bakal bangkit pada transaksi hari ini meski sebelumnya harus ditutup melemah. Sentimen positif untuk mata uang Garuda datang dari kabar bahwa pemerintah kembali melonggarkan PPKM walaupun memang kembali diperpanjang hingga 20 September mendatang.

Menurut keterangan pemerintah, bioskop boleh kembali dibuka di kota Level 2 dan 3, dengan kapasitas 50% dan kewajiban memakai aplikasi PeduliLindungi serta protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, lokasi wisata pun dibuka dengan persyaratan yang sama untuk kota Level 3. Namun, ada penerapan ganjil-genap di tempat wisata mulai Jumat hingga Minggu.

Loading...