Senin Sore, Rupiah Akhiri September di Zona Merah

rupiah melemahRupiah melemah pada perdagangan Senin (30/9) sore - kumparan.com

JAKARTA – Seperti diperkirakan sebelumnya, tidak mampu untuk keluar dari teritori merah pada perdagangan Senin (30/9) sore, ketika indeks dolar relatif bergerak stabil di tengah sentimen perang dagang yang terus membayangi. Menurut paparan Index pada pukul 15.58WIB, Garuda melemah 22 poin atau 0,16% ke level Rp14.195 per dolar AS.

Dari , secara umum masih mendapatkan dukungan pada hari Senin, ketika kekhawatiran mengenai tensi dagang AS- sedikit mereda di tengah penantian laporan data manufaktur Negeri Panda untuk melihat kesehatan terbesar kedua di dunia. Mata uang Paman Sam terpantau menguat tipis 0,0500 poin atau 0,05% ke level 99,159 pada pukul 10.57 WIB.

Tiga sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat (27/9) bahwa administrasi AS sedang mempertimbangkan mencabut pendaftaran perusahaan-perusahaan China dari pasar saham AS. Laporan itu sempat mengirim indeks saham utama dan yuan China tergelincir, tetapi pelemahan dikupas karena keputusan mengenai langkah tersebut tidak segera terjadi. Sabtu (28/9), seorang pejabat Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa gagasan seperti itu tidak dipertimbangkan ‘saat ini’.

“Ketegangan antara AS dan China tentu sekarang menjadi multidimensi,” kata ahli valas senior di National Australia Bank di Sydney, Rodrigo Catril. “Ini bukan hanya tentang perdagangan atau membeli lebih banyak kacang kedelai, ini tentang ketegangan struktural yang ada antara kedua . Sekarang, ada sudut perang modal, namun reaksi pasar mata uang sederhana, karena ide-ide itu hanya proposal.”

Ditambahkan Catril, pedagang mengharapkan lebih sedikit berita utama perang dagang selama minggu ini, karena China memiliki libur selama sepekan yang dimulai pada hari Selasa (1/10), yang menandai peringatan ke-70 Republik Rakyat China. Saat ini, pasar menantikan rilis survei aktivitas pabrik Negeri Tirai Bambu, yang diperkirakan menunjukkan kontraksi bulan kelima berturut-turut.

Loading...