Rupiah masih Stabil ditengah Tren Negatif Yunani

20140624_rupiah_afpRupiah pada (20/2) dibuka sangat tipis di posisi Rp 12.836 per . Posisi ini hanya bergeser turun sebanyak 4 basis poin dari posisi sebelumnya. Sebelumnya sempat hingga menyentuh titik Rp 12.865 per Dolarnya, nilai ini merupakan yang terendah sejak 16 . “Fluktuasi Rupiah cukup stabil pagi ini, meskipun pada saat yang sama sedang berkembang tren penurunan menyusul ekspektasi negatif pelaku dari jalan penyelesaian atas hutang ,” kata Ariston Tjendra, Kepala Riset Monex Investindo Futures saat dikutip oleh kantor Antara.

Ariston juga mengatakan bahwa ada faktor lain yang memberikan tekanan pada mata uang domestik (Rupiah) yaitu fakta bahwa Federal Reserve Amerika Serikat masih akan meneruskan rencana semula dengan tetap meningkatkan suku bunga acuan di tahun ini meskipun tingkat dianggap masih relatif rendah. “Rencana Fed akan menempatkan tekanan pada aset mata uang berisiko di dunia, seperti halnya Rupiah,” jelasnya.

Di kesempatan berbeda, analis PT Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong yang ditemui menambahkan bahwa keputusan kebijakan moneter yang diambil baru-baru ini oleh , yaitu memangkas suku bunga hingga 25 basis poin menjadi 7,5% telah mempengaruhi geliat investasi jangka pendek di Indonesia.

Loading...