Ringan dan Kokoh, Berapa Harga Lisplang Baja Ringan?

Lisplang Baja Ringan - www.prometama.comLisplang Baja Ringan - www.prometama.com

JAKARTA – Lisplang merupakan salah satu dari bagian atap rumah, yang dipakai untuk melengkapi bagian ujung atap agar terlihat lebih rapi dan melindungi hunian dari panas dan hujan. Selain kayu, material lisplang yang makin banyak digunakan saat ini adalah dari baja ringan. Di pasaran, lisplang baja ringan berkisar puluhan ribu per lembar/batang.

“Lisplang sangat sering digunakan untuk rumah dengan atap segitiga di daerah tropis, termasuk di Indonesia,” tulis Arsitur.com. “Saat hujan, air hujan mungkin saja tidak jatuh sempurna ke bawah, melainkan merembes melalui atap. Nah, agar tidak mengenai struktur usuk dan reng, maka ditambahkan lisplang.”

Dilihat dari bahannya, lisplang dapat dibedakan menjadi beberapa . Lisplang kayu merupakan salah satu yang sering digunakan untuk rumah di Indonesia. Lisplang model ini banyak diterapkan pada rumah beratap limas , yang akan memperkental suasana etnik, sekaligus memberikan kesan unik dan mewah pada hunian.

“Untuk hunian bergaya modern ataupun mewah, juga hunian bertingkat atau hunian dengan atap datar, maka lisplang beton lebih cocok untuk diaplikasikan,” tulis Dekoruma.com. “Dengan pemasangan yang lebih ekonomis dibandingkan lisplang kayu, lisplang beton memiliki durabilitas yang baik untuk difungsikan sebagai talang air hujan.”

Selain kedua jenis tersebut, salah satu lisplang yang kini tengah menjadi primadona adalah baja ringan. Material yang satu ini dikatakan punya banyak kelebihan, termasuk bobot yang ringan sehingga memudahkan proses pemasangan rangka atap. Meski ringan, material ini sangat kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang digunakan.

Dilansir Arafuru.com, ada dua metode pemasangan lisplang baja ringan untuk atap rumah. Cara pertama adalah secara vertikal, yang memiliki kelebihan mudah dikerjakan, sederhana, dan praktis karena lisplang tinggal disekrup ke reng baja ringan. Sementara, cara kedua adalah secara diagonal, yang meskipun cukup rumit, namun membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah goyah.

Jika Anda mencari lisplang baja ringan, tidak sulit menemukan material ini karena sudah tersedia banyak di toko bahan bangunan maupun jual beli online. Kalsiplank polos misalnya, dijual dengan harga mulai Rp40 ribuan untuk ukuran 20 cm dan mulai Rp60 ribuan untuk ukuran 30 cm. Sementara, harga lisplang Super Plank mulai Rp27 ribuan untuk ukuran 10 cm, Rp44 ribuan untuk ukuran 20 cm, dan Rp62 ribuan untuk ukuran 30 cm.

Loading...