Resmi Berganti Nama Menjadi STIKES, Ini Rincian Biaya Kuliah Akper Panti Rapih

Biaya, kuliah, pendidikan, di, akper, panti rapih, yogyakarta, stikes, pendaftaran, online, syarat, jadwal, jalur,Halaman depan Akper Panti Rapih Yogyakarta (Instagram: @ambarnovika)

Akper Panti Rapih adalah Perguruan Tinggi Swasta Katolik yang diselenggarakan oleh Yayasan Panti Rapih yang berlokasi di . Akper Panti Rapih merupakan konversi dari Perawat Kesehatan Panti Rapih yang berdiri sejak tahun 1939, disahkan dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.00.06.1.1.882 A tanggal 29 Maret 1993 dan keputusan Mendiknas No. 191/D/ 0/0/2005 tanggal 29 Desember 2005.

Akper Panti Rapih bertujuan menghasilkan tenaga Ahli Madya Keperawatan sebagai perawat profesional pemula yang memiliki sikap dan perilaku luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan keperawatan serta mampu melaksanakan peran dan fungsi dalam pelaksanaan asuhan keperawatan, pendidikan keperawatan serta bidang penelitian keperawatan.

Akper Panti Rapih menyelenggarakan Pendidikan Diploma III Keperawatan Jalur Umum sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia di bidang keperawatan dengan lama pendidikan minimal 3 tahun. Selain itu juga ada studi Profesi Ners (S1 Keperawatan + Ners) dan Sarjana Gizi.

Per Agustus 2017, Akademi Keperawatan Panti Rapih berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih. Serah Terima SK Perubahan Bentuk dilaksanakan di Kampus II Akper Panti Rapih, Pringwulung CC, Sleman. SK STIKES Panti Rapih dibacakan Kepala Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis V Tunggul Priyono, SH MHum.

Koordinator Kopertis V Yogyakarta, Dr Ir Bambang Supriyadi CES DEA, menyambut gembira Akper Panti Rapih yang terakreditasi dan meningkatkan potensinya makin tinggi, “Bahkan kini sudah siap menerima untuk program S1 Keperawatan dan Profesi, S1 Gizi tahun ini. lulus D3 bisa langsung transfer ke S1,” ucap Bambang.

Direktur Akper Panti Rapih, Ch Setya Widyastuti MKep Ns Sp KepMB, menyebutkan SK menjadi STIKES Panti Rapih ini turun setelah sembilan tahun menunggu, “Program D3 Keperawatan juga masih berjalan. Kini kita juga siapkan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang baru,” ucapnya.

Untuk tahun 2018 ini, Akper (STIKES) Panti Rapih kembali membuka melalui beberapa jalur, seperti jalur khusus, jalur PMDP atau penelusuran minat dan prestasi dan jalur reguler (ujian masuk). Pendaftaran program reguler jalur umum tahap I dimulai Agustus 2017 hingga Januari 2018, sementara untuk program reguler tahap II dibuka mulai 8 Januari 2018 hingga 2 Agustus 2018.

Tata cara pendaftaran dilakukan secara di situs resmi Akper Panti Rapih atau datang langsung ke kampus II STIKES Panti Rapih, Jalan Tantular 401, Pringwulung, Condongcatur, Depok, Yogyakarta. Biaya pendaftaran sebesar Rp175.000

Sementara biaya kuliah di Akper (STIKES) Panti Rapih Yogyakarta sendiri meliputi biaya sumbangan penyelenggaraan pendidikan yang dibayarkan tiap semester dan dana pengembangan pendidikan. Untuk program studi D3 Keperawatan rincian biaya yang harus dibayarkan adalah Rp16.850.000, jurusan Profesi Ners sebesar Rp16.795.000, dan prodi Sarjana Gizi sebesar Rp16.190.000.

Namun biaya tersebut belum termasuk Dana Sosial & Kesehatan Mahasiswa untuk 1 tahun sejumlah Rp100 ribu dan sumbangan operasional pendidikan sesuai dengan kesanggupan yang telah disepakati. Minimal biaya operasional untuk D3 Keperawatan Rp8.500.000, Sarjana Gizi Rp8.500.000, dan Profesi Ners sebesar Rp10.000.000.

Untuk syarat pendaftaran yang telah diputuskan oleh pihak Panti Rapih antara lain berijazah SMA/SMK (untuk prodi Profesi Ners berasal dari jurusan IPA), tinggi badan minimal 150 cm (wanita) dan 155 cm (pria), berbadan sehat dan tidak buta warna, tidak tuna fisik, tidak ada gangguan pendengaran yang dapat mengganggu proses belajar, membawa berkas fotokopi seperti rapor SMA/SMK semester 1-5, KTP, dan pas foto berwarna 3X4 (2 lembar).

Loading...