Rencana Perjalanan Harus Batal? Ini Biaya Refund di Traveloka

TravelokaTraveloka

JAKARTA – Rencana yang tidak berjalan sesuai keinginan memaksa kita untuk mengajukan pembatalan atau refund tiket pesawat yang telah dipesan sebelumnya. Nah, jika kebetulan Anda memesan tiket pesawat melalui Traveloka, besaran potongan refund disesuaikan dengan berapa lama jarak pengajuan refund dengan keberangkatan.

Seperti dikutip dari blog Traveloka, dijelaskan bahwa maskapai tidak akan mengembalikan dana sebesar 100 persen utuh, kecuali dengan alasan tertentu, seperti ketika terjadi kesalahan di pihak mereka. Dana refund yang dikembalikan sangat bergantung pada berapa lama jarak pengajuan refund dengan jadwal keberangkatan pesawat.

Sekadar , jika pengajuan refund lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan, maka besaran potongan biaya refund di Traveloka adalah 25 persen dari tiket. Kemudian, potongan biaya refund sebesar 50 persen dari tiket untuk pengajuan 72-48 jam sebelum keberangkatan, 60 persen dari tiket untuk pengajuan 48-24 jam sebelum keberangkatan, 70 persen dari tiket untuk pengajuan 24-12 jam sebelum keberangkatan, 80 persen dari tiket untuk 12-4 jam sebelum keberangkatan, dan 90 persen dari tiket untuk pengajuan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan.

Ketika aktivitas vulkanik Gunung Agung sedang meningkat di akhir tahun 2017 kemarin, pihak Traveloka juga melayani pengembalian dana atau refund tiket pesawat dan pemesanan kamar hotel. Jumlah dana refund pelanggan yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai atau hotel yang telah di-booking.

“Kami juga turut prihatin dengan kondisi Gunung Agung dan berdoa bagi mereka yang terkena dampaknya,” kata PR Manager Traveloka, Busyra Oryza, kala itu. “Kami fokus untuk memastikan bahwa pelanggan menerima pengembalian uang secara nyaman bagi pemesanan tiket dan akomodasi. Hal ini merupakan bentuk jaminan dan komitmen kami bagi para pelanggan Traveloka dan wisatawan.”

Untuk melakukan proses pengembalian dana atau refund, pelanggan cukup Login ke akun Traveloka, kemudian menuju menu ‘Pesanan Saya’ dan cek detail pesanan Anda yang ingin di-refund, klik ‘Detail’ dan klik ‘Refund’, lalu menyetujui syarat dan ketentuan, kemudian mengisi formulir refund, dan terakhir melihat status pengajuan atau permohonan refund.

Loading...