Redakan Hidung Tersumbat, Berapa Harga Larutan Saline untuk Bayi?

Ilustrasi : Bayi yang terkena flu - tribunnews.com

JAKARTA – Berbeda dengan orang dewasa, jika pilek dan tersumbat, orang tua tidak boleh sembarangan memberikan yang bebas di pasaran. Nah, salah satu cara yang dikatakan paling aman untuk mengatasi masalah ini adalah memberikan larutan saline. Di pasaran sendiri, larutan saline telah dengan harga beragam, bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Jika Anda mencoba menelusuri berbagai situs beli online, Anda akan menemukan banyak dan obat yang menawarkan larutan saline. Larutan saline merek Breathy misalnya, saat ini dijual dengan harga Rp50 ribu sampai Rp65 ribuan untuk kemasan 30 ml, sedangkan merek Fess Little Noses kemasan 25 ml dijual dengan harga Rp180 ribuan. Untuk merek Boogie Mist, harganya saat ini berkisar Rp340 ribuan kemasan 60 ml.

“Cara paling aman untuk mengeluarkan lendir atau ingus dari hidung bayi adalah dengan menggunakan alat semprot atau tetes hidung berupa cairan saline atau air garam,” terang Isabella Riandani, spesialis , seperti dilansir Kompas. “Cairan saline ini akan melembapkan, kemudian membawa kotoran di hidung ke bawah.”

Selain dengan cairan saline, mengeluarkan ingus bayi bisa juga dengan cara penguapan agar lendir bisa mencair. Namun, yang perlu diperhatikan, untuk mengeluarkan ingus bayi adalah menghindari memencet hidungnya karena hidung bayi masih sangat sensitif, selain lubang hidung pun kecil. “Memencet hidung malah akan membuat ingus masuk ke rongga sinus, dan bayi bisa terkena sinusitis,” sambung Isabella.

Sementara itu, seperti dikutip dari Health, Peter Cardiello, MD, seorang dokter anak di Northern Youth Consultations Service, mengatakan bahwa jika bayi Anda sesak dan mengalami kesulitan bernapas, salah satu obat alami yang bisa dipakai adalah membersihkan hidung dengan cairan saline. Gunakan dua hingga tiga tetes per lubang hidung saat bayi berbaring telentang.

Loading...