Rasanya Manis & Harga Murah, Pudak Termasuk Makanan Khas Gresik Favorit Wisatawan

Pudak Makanan Khas Gresik - azzamaviero.comPudak Makanan Khas Gresik - azzamaviero.com

Tiap pasti punya oleh-oleh yang dijadikan andalan untuk dijajakan pada kaum pendatang atau yang tengah berlibur. Kabupaten Gresik, Jawa Timur misalnya, tak hanya terkenal dengan nasi krawu-nya yang lezat saja, tetapi juga jajanan unik bernama pudak. Pudak Gresik biasanya dengan yang cukup murah, antara Rp 14 ribuan hingga Rp 25 ribuan per renteng isi 10 pudak.

Pudak sendiri adalah kue tradisional yang mirip seperti jenang, yakni terbuat dari tepung beras, gula pasir atau gula Jawa, dan santan kelapa, kemudian dikemas dalam ope atau pelepah daun pinang yang dijahit dengan alur huruf L tanpa sudut, lalu diikat berbentuk kuncup. Selanjutnya jajanan ini direbus hingga padat.

Pudak memiliki rasa yang manis-gurih dengan tekstur lembut ketika dikunyah. Tak heran jika banyak orang yang terpikat untuk menyantap hidangan satu ini. kue pudak Gresik pun kini sudah semakin beragam, ada yang original berwarna putih, lalu pudak cokelat dari gula Jawa, pudak sagu, hingga pudak hijau dari sari daun pandan. Lantas berapa lama kira-kira kue ini tahan disimpan? Kabarnya pudak hanya tahan sekitar 2-3 hari saja, jadi sebaiknya segera disantap setelah dibeli.

Tak hanya pudak dalam besar saja, kini juga ada pudak mini yang ukurannya relatif lebih kecil dari pudak yang biasa dijual di sejumlah toko yang ada di Gresik. “Kalau dibandingkan, perbandingan bisa 1 banding 4. Artinya empat pudak kecil itu sama dengan satu pudak biasanya (besar). Sementara rasa dan aroma, tetap sama,” ujar Agus Boediono, pembuat pudak mini Japung, seperti dilansir Kompas.

Agus juga bercerita seperti apa awal mula ia tergerak untuk menciptakan pudak mini. “Saat itu saya hanya berpikir, dari cerita dan orang-orang yang segan saat disuguhi pudak. Karena ukurannya yang besar, maka banyak tamu jadi malu untuk pudak yang disuguhkan. Maka dari itu, saya kemudian berpikir untuk membuat pudak mini ini,” ucap Agus.

Dibanding pudak asli berukuran besar, harga pudak mini memang relatif lebih murah. Sepuluh bungkus pudak mini dalam 1 ikat dijual Rp 14 ribuan, sedangkan pudak besar harga seikatnya Rp 25 ribuan. “Sama dengan pudak pada umumnya, ada tiga rasa pudak mini yang saya tawarkan. Mulai dari rasa pandan, original, dan juga sagu,” ungkapnya.

Loading...