Rasanya Lezat dan Punya Segudang Manfaat, Ini Harga Buah Matoa per 1 Kg

Harga, buah, matoa, per, 1, kg, khasiat, manfaat, kesehatan, kecantikan, rasa, duren, kelengkeng, tekstur, unik, asal, Indonesia Timur, Papua, faktor, vitamin, antioksidan, penuaan, dini, kanker, jerawat, kulit, wajah, bentuk, tekstur, pohon, unik, rasa, diameter, fungsi, produk, toko, online, supermarket,Buah matoa (instagram: @itamadyasari)

Kenal matoa? Untuk Anda yang tinggal di sekitar Indonesia Timur, mungkin tidak sulit untuk mendapatkan yang satu ini. Akan tetapi, untuk daerah lain harus ke dulu. Sebab, buah legit ini tidak sembarangan di pinggir-pinggir jalan. Memang, matoa sudah sudah bisa dijumpai di seluruh Indonesia, tapi sejatinya pohon buah matoa hanya tumbuh di Indonesia Timur, khususnya Papua.

Buah berbentuk unik ini berasal dari pohon yang tumbuh di bagian Indonesia Timur yaitu Pometia pinnata. Pohon ini memiliki ketinggian 20-40 meter dengan diameter mencapai 100 cm. Biasanya pohon ini berbunga sekali dalam setahun dengan rentang waktu Juli hingga Oktober. Setelah berbunga itulah kemudian buah matoa perlahan mulai matang. Kira-kira waktu yang dibutuhkan adalah empat bulan.

Buah matoa berbentuk bulatan kecil berwarna hijau. Bila kulitnya dikupas, sepintas buah ini terlihat seperti kelengkeng. Akan tetapi, rasanya manis mirip dengan durian. Sedangkan untuk tekstur buah tergantung dari jenis matoa itu sendiri.

Jadi buah khas dari Papua, rupanya matoa juga sudah cukup populer di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti kelengkeng memang sangat unik, belum lagi rasanya juga sangat manis. Usut punya usut, rupanya buah ini juga punya banyak khasiat.

Salah satu daya tarik buah satu ini adalah khasiatnya buat . Mulai dari mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, mencegah hipertensi, menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor dalam tubuh, dan juga mencegah jantung koroner.

Bisa dibilang buah ini memang punya khasiat yang komplit. Karena mengandung banyak sekali vitamin C dan E, buah ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radiasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk Anda yang tidak punya seperti di atas, mengkonsumsi buah matoa bisa memperkuat daya tahan tubuh Anda.

“Buah matoa ternyata juga kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan banyak sel-sel rusak, hingga menyebabkan penyakit kronis, bahkan kanker. Meskipun begitu, matoa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Pasalnya, para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh,” kata dr William, dilansir dari Hello Sehat.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, matoa juga bakal jadi sahabat terbaik para perempuan yang ingin cantik dari dalam. Fungsinya bisa sama dengan -produk kecantikan, sebut saja mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus seperti keriput.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah seperti jerawat, buah ini bisa jadi solusi yang membantu wajah Anda menjadi lebih bersih dan merona alami. Hal ini dikarenakan buah matoa berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh, hasil nyatanya juga terlihat dari kulit wajah yang lebih bersih. Rutin mengkonsumsi buah ini juga akan menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit.

Sebagai buah yang punya segudang manfaat, tidak heran kalau buah matoa dibanderol dengan yang lumayan mahal. Jika Anda membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah matoa segar yang siap dipesan. Buah matoa yang cukup berkhasiat ini dibanderol dengan mulai Rp40 ribu hingga Rp160 ribuan per 1 kg. Memang tergolong mahal jika dibandingkan dengan buah yang lain.

Faktor kelangkaan juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa buah ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Namun, nominal tersebut juga tentu akan sebanding dengan banyaknya khasiat yang baik buat kesehatan dan kecantikan.

Loading...