Rantai Distribusi Panjang, Harga Daging Sapi Tahun 2018 Masih Mahal

daging sapi - www.happyfresh.iddaging sapi - www.happyfresh.id

JAKARTA – Memasuki tahun 2018, sapi di sejumlah di memang cukup stabil jika dibandingkan akhir tahun 2017 kemarin. Meski demikian, harga daging sapi masih terbilang mahal, yang berada di atas Rp100 ribuan per kilogram, terutama untuk daging , yang salah satunya disebabkan rantai distribusi yang cukup panjang.

Menurut Detik, di Pondok Labu, Jakarta, hingga pertengahan Januari 2018 kemarin, harga daging sapi lokal masih berada di rentang Rp115 ribu per kg sampai dengan Rp120 ribu per kg. Harga tersebut belum bergerak sejak akhir tahun 2017 kemarin. Sementara, untuk harga daging sapi impor, tetap berada di kisaran Rp100 ribuan per kg.

“Harga daging sapi masih Rp115 ribuan per kg sampai Rp120 ribuan per kg, untuk daging lokal, belum ada kenaikan dari tahun lalu,” ujar Dani, salah satu di Pasar Pondok Labu. “Kalau daging impor, harganya Rp100 ribu per kg, kalau yang sudah dibersihkan. Kalau yang masih kotor, harganya masih Rp90 ribuan per kg.”

Menurut penelusuran di situs Informasi Pangan Jakarta, harga rata-rata daging sapi di ibukota berkisar Rp116,5 ribuan per kg. Pasar Senen, Pasar Jembatan Merah, dan Pasar Minggu tercatat menjual dengan harga terendah sebesar Rp110 ribuan per kg. Sementara, harga daging sapi tertinggi terjadi di Pasar Rawa Badak, Pasar Grogol, dan Pasar Mayestik yang sebesar Rp120 ribuan per kg.

Kondisi tidak jauh berbeda terjadi di Semarang. Di Lumpia, harga daging sapi pada awal tahun 2018 ini tergolong stabil, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan, dibandingkan tahun sebelumnya. Di Pasar Banteng, harga daging sapi masih berkisar antara Rp105 ribuan per kg sampai Rp110 ribuan per kg, tergantung daging sapi yang bersangkutan.

“Harga daging sapi lokal bisa lebih mahal dibandingkan daging sapi impor karena harus melewati tujuh hingga sembilan tahapan distribusi sebelum sampai ke tangan konsumen,” ulas Kepala Bagian Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Hizkia. “Sementara, daging sapi impor memiliki jalur distribusi yang lebih pendek.”

Loading...