Ramai Peminat, Ini Biaya Kuliah FK UMM TA 2018/2019

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang - cubyshella.wordpress.comFakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang - cubyshella.wordpress.com

Pada tahun 2018/2019, Muhammadiyah Malang (FK UMM) diprediksi masih akan banyak diminati oleh lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Pasalnya, meski yang dipatok relatif mahal, namun tersebut menawarkan profesi yang menjanjikan ketika selesai .

“Pada tahun akademik 2017/2018, FK kami terus mengalami peningkatan peminat, meski kuota yang ditawarkan terbatas,” ujar Wakil Rektor I UMM, Profesor Syamsul Arifin, seperti dilansir Republika. “Kuota mahasiswa sendiri tidak banyak berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan gelombang kedua menerima 100 mahasiswa.”

Nah, untuk tahun ajaran baru ini, pihak UMM sudah membuka pendaftaran mahasiswa melalui Jalur Prestasi dan Jalur Reguler. Jalur Prestasi gelombang kedua dibuka mulai 26 Februari 2018 sampai dengan 20 April 2018, sedangkan Jalur Reguler dibagi dalam tiga gelombang, yaitu gelombang pertama tanggal 5 Maret sampai 4 Mei 2018, gelombang kedua tanggal 21 Mei sampai 13 Juli 2018, dan gelombang ketiga tanggal 23 Juli sampai 16 Agustus 2018.

“Tetapi, untuk tahun ajaran kali ini, kami tidak membuka pendaftaran lewat Jalur Prestasi untuk Fakultas Kedokteran,” tutur Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp PD. “Pasalnya, kami lebih mengutamakan tes seleksi untuk mencari calon mahasiswa kedokteran yang memiliki .”

Bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah di FK UMM, harus membayar uang SPP dengan besaran Rp18.000.000 per semester. Sementara, Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) ditetapkan Rp140.000.000 untuk pendaftar gelombang pertama dan Rp145.000.000 untuk pendaftar gelombang kedua. Biaya DPP tersebut bisa diangsur, dengan rincian 75 persen pada awal kuliah, dan sisanya dibayarkan selama masa semester pertama.

Saat ini, FK UMM sudah mengantongi akreditasi B. Namun, pihak kampus tengah mengupayakan agar fakultas tersebut bisa naik level menjadi akreditasi A. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa), karya-karya akademik, serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Loading...