Raih Prestasi Membanggakan di Ajang Internasional, Biaya Masuk SMA Labschool Jakarta Mahal?

Biaya, masuk, KB, TK, SMP, SMA, Labschool, Jakarta, Rawamangun, pendidikan, pendaftaran, siswa, prestasi, Harvard, HMUN, konferensi, simulasi, online, sekolah, rincian, jenjang,Ilustrasi: siswa sekolah menengah atas

-sekolah saat ini mulai banyak dicari oleh penduduk dan sekitarnya. Meski terhitung mahal, sekolah-sekolah tersebut tetap laris dan diminati oleh golongan orang berkantong tebal. Sebut saja sekolah Labschool yang menyediakan jenjang mulai dari KB, TK, SD, SMP, hingga SMA.

SMA Labschool Jakarta sendiri merupakan sebuah sekolah menengah atas swasta yang berlokasi di Jalan Pemuda Kompleks Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur. Nama Labschool yang melekat pada TK, SMP, dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta (dulu IKIP Jakarta) mengandung makna sejarah di dalamnya.

SMP & SMA Labschool Jakarta dilakukan secara online melalui website www.psb.labschool-unj.sch.id. Labschool rutinnya dibuka setiap bulan Januari. Rincian masuk berubah setiap tahunnya dan bisa didapat dengan datang langsung ke sekolah Labschool yang diminati. Untuk tahun ajaran 2016 lalu, masuk mencapai Rp20 jutaan.

Pada Januari 2018 lalu, SMA Labschool Jakarta menjadi wakil dari negara kawasan Asia Tenggara dalam ajang Harvard Model United Nations (Harvard MUN) yang digelar di Amerika Serikat. HMUN kali ini merupakan konferensi yang ke-65. Sebagai konferensi model simulasi sidang PBB yang tertua dan paling bergengsi di dunia, tidak mengherankan jika jumlah peserta HMUN mencapai 3.300 yang berasal dari 46 negara dari berbagai belahan dunia.

HMUN merupakan konferensi simulasi sidang PBB tertua yang diperankan oleh para pelajar setingkat SMA dari seluruh dunia. “Tahun ini adalah kali ke empat bagi Labschool Jakarta sebagai perwakilan satu-satunya dari Indonesia dan Asia Tenggara dalam HMUN,” ujar Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro dalam keterangan tertulis yang diterima Detikcom.

Sebanyak 24 siswa yang mewakili Labschool Jakarta mengikuti konferensi yang berlangsung mulai 25 hingga 28 Januari 2018. Konferensi digelar di Hynes Convention Center, Hotel Sheraton. Siswa SMA Labschool Jakarta bernama Muhammad Ammar Sahab meraih juara Honorable Mention yang setara dengan Juara III.

Prestasi yang diraih Ammar ini tentu membuat sekolah dan Indonesia bangga tentunya. “Kebanggaan dan kebahagiaan tersebut nyata adanya, sebab Ammar berasal dari sekolah yang menjadi perwakilan dari Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Sastro.

Ia menambahkan, capaian prestasi di ajang bergengsi yang diselenggarakan Universitas Harvard ini membuktikan,  anak-anak Indonesia juga memiliki kemampuan dan daya saing yang tinggi. “Terbukti bisa berkompetisi dan juara di hadapan 46 negara lainnya,” ujarnya.

Ammar sendiri tengah duduk di kelas XI IPA. Pada HMUN 2018 ini, dia menjadi delegasi dalam komite tentang pemerintahan China, dengan topik yang membahas ‘Reformasi Kesejahteraan di Cina’.

Loading...