Raih Banyak Prestasi, Berapa Biaya Sekolah di SMAN 10 Malang?

Biaya, sman, 10, malang, pendaftaran, masuk, SPP, PPDB, Sampoerna, academy, sekolah, menengah, atas, asrama, fasilitas, negeri, jawa timur,SMA Negeri 10 Malang (sman10malang.sch.id)

Sebagai salah satu kota pendidikan, Kota memiliki banyak favorit yang sudah terbukti berkualitas. Mulai dari jenjang pre-school, TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, dan instansi pendidikan lainnya. Salah satu menengah atas yang banyak dijadikan pilihan untuk menuntut adalah SMAN 10 Malang.

SMA Negeri 10 Malang beralamat di Jalan Danau Grati No.1, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Sekolah ini terkenal dengan jargonnya yakni ‘Learn Today, Lead Tomorrow, Be the Best!’ dan semboyan Satradhirsa (Satvika, Dhira, Dirot, Saha) yang berarti Jujur, Teguh, Tekun, Rajin. Berdiri sejak 1999 lalu, sekolah ini sudah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan. Seperti berhasilnya mendapatkan medali emas dalam IYIPO 2012 di Georgia, medali perak dalam ISPO 2011 dan 2012, dan predikat Sekolah PPST (Paguyuban Peminat Seni Tradisi) Nasional oleh Dinas Pendidikan.

SMAN 10 Malang mengaplikasikan program Sampoerna Academy, sebuah inisiatif Putera Sampoerna Foundation(PSF). Yang mana dalam program tersebut memberikan bantuan pendidikan sebesar US$ 15.000 per untuk 150 berprestasi setiap angkatan dari seluruh Jawa Timur. Yang lebih menarik, sekolah ini menerapkan dua kurikulum, yakni KTSP dan kurikulum Cambridge (IGCSE dan A Level). Dan terbukti pada tahun 2011 lalu, hasil ujian IGCSE para SMA Negeri 10 Malang menduduki 5 besar peringkat dunia.

Selain berhasil mendapatkan gelar sekolah Adiwiyata, gelar School for Achievers juga diraih oleh SMAN 10 Malang. Bahkan prestasi tingkat regional, nasional, maupun internasional juga berhasil dicapai oleh para kebanggaan SMAN 10. Adapun sejumlah fasilitas di sekolah ini berupa ruang kelas, laboratorium IPA, multimedia, bahasa, kantin, UKS, musala, dan lain-lain. Bahkan, ada pula fasilitas asrama yang menjadi andalan sekolah ini, yang mana belum banyak dimiliki oleh sekolah menengah lainnya.

Banyaknya sarana penunjang proses mengajar yang ditawarkan oleh SMAN 10 Malang, membuat sekolah ini unggul dan menerima banyak pendaftar pada saat dibuka pendaftaran peserta didik baru, baik dari jalur prestasi, bidik misi, mitra warga, dan lainnya. Namun sayang, pihaknya belum menyampaikan informasi secara rinci terkait besaran masuk maupun SPP di sekolah ini.

Akan tetapi, menurut draft penetapan Sumbangan Pendanaan Pendidikan (SPP) untuk SMA dan SMK di Jatim dikatakan lebih murah dibanding SPP sekarang. Hal tersebut merupakan kebijakan Pemprov yang mulai mengelola SMA dan SMK per 1 Januari 2017. Kebijakan ini diberlakukan mulai tahun ajaran baru 2017-2018 lalu.

SPP tertinggi di SMA/SMK Kota Surabaya sebesar Rp 135.000, dan terendah Kabupaten Sampang sebesar Rp 60.000. Sementara untuk SPP SMA Kota Malang sebesar Rp 120.000. Untuk SPP SMK non teknik sebesar Rp160.000. sedangkan SPP SMK teknik sebesar Rp 200.000.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala SMA N 8 Malang, M Sulton, menurutnya SPP sebesar Rp120.000 per bulan lebih rendah dari SPP sekarang. Besaran SPP sebesar Rp 200.000 diatur dalam Perwali Kota Malang dahulu. “Dampaknya pasti ada. Tapi nanti masih akan dievaluasi dulu mana yang bisa ditekan,” ujarnya melalui Malangvoice.

Loading...