Punya Tekstur Kental, Harga Minyak Cendana Asli Bisa Mencapai Jutaan Rupiah

Minyak Cendana - www.mistikjawa.comMinyak Cendana - www.mistikjawa.com

Cendana (Santalum album) adalah pohon yang kerap dimanfaatkan kayunya atau diolah menjadi cendana (sandalwood oil). Aromanya yang wangi membuat cendana begitu disukai sebagai parfum atau ada juga orang meminumnya langsung. Minyak cendana asli atau murni memiliki banyak khasiat untuk , tak ayal jika banyak orang menjual minyak cendana asli dengan harga yang cukup .

Minyak cendana dipercaya memiliki untuk menurunkan tingkat kecemasan atau menenangkan pikiran, menghilangkan stress, mengatasi jerawat atau gatal-gatal, hingga untuk pemijatan pada wajah. Namun wanita hamil dan menyusui kabarnya tak dianjurkan menggunakan minyak cendana, apalagi jika jumlahnya terlalu banyak, sebab terapi cendana disebut-sebut bisa menyebabkan keguguran.

Selain untuk kesehatan dan aromaterapi, minyak cendana juga kerap digunakan untuk penjamasan pusaka atau mencuci benda-benda pusaka yang merupakan warisan leluhur seperti keris, tombak, pedang, dan sebagainya. Pencucian benda pusaka biasanya menggunakan air bersih, air perasan jeruk nipis, warangan (arsenikum), dan minyak cendana.

“Warangan tak boleh sembarangan dipakai karena berbahaya. Tapi pada logam bisa untuk menjaga dari karat dan memunculkan pamor,” papar Haryadi yang kerap mencuci benda pusaka, seperti dilansir Merahputih.

Minyak cendana bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko-toko bibit minyak wangi. Namun minyak cendana yang asli konon memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan minyak cendana pada umumnya. Ciri-ciri minyak cendana asli kabarnya memiliki tekstur kental seperti gel, berwarna putih bening, dan tak menyatu atau tak bisa diencerkan dengan alkohol.

Harga minyak cendana asli biasanya cukup bervariasi. Di sejumlah situs jual beli online, harga minyak cendana asli India berkisar Rp 100 ribu, kemudian minyak cendana keraton Rp 95 ribu, minyak cendana Kupang antara Rp 200-850 ribuan, hingga ada pula yang menjualnya sampai harga Rp 2 jutaan.

Meski banyak secara bebas di toko-toko maupun secara online, konsumen juga perlu waspada. Pasalnya ada beberapa penjual nakal yang kerap menawarkan palsu namun mengklaimnya sebagai asli.

Loading...