Punya Tekstur Halus & Bergizi Lengkap, Harga Pur 591 Dijual Mulai Rp 10 Ribuan

Ilustrasi : Ayam sedang makan di sebuah peternakanIlustrasi : Ayam sedang makan di sebuah peternakan - www.poultryshop.id

Dalam membudidayakan , kebutuhan nutrisinya tentu perlu diperhatikan bahkan sejak masih anakan. Terlebih jika yang dipelihara adalah aduan. Pemilihan atau pur harus dilakukan secara cermat agar sang bisa tumbuh secara maksimal. Dari sekian banyak voer atau pakan yang ada, jenis pur 591 produksi PT Charoen Pokphand dinilai sebagai salah satu pakan terbaik untuk anak umur 1 hari sampai 8 minggu. pur 591 pun relatif murah, berkisar mulai Rp 10-16 ribuan per sak ukuran 1 kg.

Menurut para peternak ayam, pur 591 Hi-Pro-Vite cocok digunakan sebagai starter pakan ayam kecil DOC maupun ayam aduan karena memiliki tekstur butiran yang kecil dan halus. Terlebih karena kandungan protein di dalamnya pun cukup tinggi. Kelebihan dari pur 591 ada beberapa, yakni membantu ayam dengan baik, melengkapi kebutuhan gizi ayam, hingga memiliki tekstur yang halus sehingga mudah ditelan oleh anak ayam.

Menurut salah satu warga di Bali, beternak ayam aduan ternyata cukup menguntungkan. Berawal dari hobi, ternyata ayam aduan yang diternakkannya memiliki banyak peminat. “Saya memang kepengin buka , tapi awal-awal memang susah. Semua dijalani berkat semangat dan kegigihan. Hasil dari semuanya adalah bonusnya,” kata Dewa Aryantara asal Geria Tengah, Nusa Penida, seperti dilansir Kumparan.

Lebih lanjut Dewa menjelaskan jika ayam aduan merupakan ayam pilihan. Urusan pakan dan kondisi ayam harus dicek secara rutin. Selain itu, kebersihan kandang juga harus diperhatikan supaya tak berimbas pada kesehatan ayam. Kemudian, asupan suplemen ayam aduan pun perlu diperhatikan pula. Terlebih karena ayam jenis ini agak berbeda. Ayam aduan dilatih bertarung untuk membangun naluri petarungnya. Kemampuan bertarung dan tampilan ayam itulah yang ternyata menentukan harga jual.

Usaha yang ditekuni oleh Dewa ini rupanya dipasarkan secara offline maupun online lewat media sosial. Para penghobi ayam aduan biasanya lebih senang untuk datang dan melihat langsung. “Saya sangat bersyukur hobby yang dijalani berbuah hasil menjadi usaha yang digeluti,” pungkasnya.

Loading...