Punya Rasa yang Lezat, Harga Udang Pancet per Kg Lebih Mahal dari Vaname

Udang Pancet - resepkoki.idUdang Pancet - resepkoki.id

Sebagai negara maritim, hasil kekayaan memang cukup melimpah. Tak heran jika Indonesia pun menyukai berbagai (seafood), mulai dari kepiting, cumi-cumi, hingga udang. udang sendiri ada banyak, misalnya saja udang galah, udang jerbung, udang bambu, hingga udang pancet. udang per kg biasanya dipatok bervariasi, tergantung dan ukurannya.

Udang pancet atau yang lebih dikenal dengan sebutan udang windu (Penaeus monodon) dikenal lewat corak tubuhnya yang dihiasi garis loreng mirip harimau. Oleh sebab itu udang pancet juga kerap dijuluki tiger shrimp atau tiger prawn. Harga udang pancet per kg di pasaran memang relatif lebih mahal dibanding udang jenis lainnya seperti vaname yang saat ini lebih banyak dibudidayakan.

Harga udang pancet size () 10-12 berkisar mulai Rp 280 ribu per kg, kemudian 15-20 biasanya dijual Rp 210 ribu per kilo, 20-25 Rp 180 ribu per kilogram, 25-30 Rp 170 ribu per 1 kg, 30-35 harganya Rp 155 ribu per kg, dan 40-50 dibanderol Rp 150 ribuan per kilogram.

Udang pancet sendiri kabarnya memiliki budidaya yang lebih sulit dari udang vaname, oleh karena itu lebih banyak pembudidaya yang membudidayakan udang vaname di Indonesia. “Udang windu merupakan udang asli Indonesia yang harus tetap dikembangkan. Meskipun saat ini, produksinya masih kalah dengan udang vaname, tetapi untuk udang windu masih terbuka lebar, sehingga tetap perlu didukung dengan ketersediaan induk dan benih yang kontinyu,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Subijakto, seperti dilansir Mongabay.

Terlepas dari itu semua, udang pancet termasuk komoditas yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang relatif lebih enak dibanding jenis lainnya. Cara memilih udang pancet yang masih segar pun cukup mudah. “Tips udang segar warnanya masih hitam kulitnya. Kalau sudah pucat dan putih itu sudah lama. Sudah lama dibekuin juga. Yang segar aromanya juga masih amis enggak bau busuk. Kalau udang beku walaupun di frozen warnanya tetap hitam bagus,” kata Executive chef Horison Hotel, Fatahillah.

Loading...