Punya Nutrisi yang Baik, Ini Harga Sayur Kacang Kapri per Kg

Harga, sayur, sayuran, kacang, kapri, polong, per, kg, pedagang, pasar, kondisi, permintaan, hujan, stabil, tanaman, cemilan, nutrisi, kandungan, gizi, vitamin, kalsium, tulang, kesehatan, dikonsumsi, dimasak, zat besi, anemia, diet, kalori, serat, suhu, masakan, kekebalan, tubuh, folat, jantung,Kacang kapri sayur usai dipanen

kapri merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis polong-polongan. ini sering kita jumpai dalam berbagai macam seperti sup, sambal goreng, dan jenis masakan lainnya. Selain itu itu kacang kapri juga dapat disajikan menjadi camilan renyah yang sangat nikmat menemani waktu santai.

Mengolah kapri adalah kegiatan favorit para koki, karena hanya perlu dimasak selama 2 hingga 5 menit. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kacang kapri cocok untuk cemilan ataupun bumbu masakan. Lebih dari itu, kacang kapri ternyata memiliki nutrisi tinggi, menyehatkan untuk sehari-hari.

Kacang kapri mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin K yang membantu menjaga kalsium dalam tulang dan membuat tulang menjadi kuat. Kandungan lainnya adalah vitamin B6 yang juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis. “Tak hanya itu, kacang kapri juga mengandung banyak vitamin C yang mencegah kerusakan pada DNA dan meningkatkan kekebalan tubuh. Folat yang terkandung di dalamnya juga bisa memperbaiki kesehatan jantung,” seperti dilansir Livestrong.

Kacang kapri merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Mengonsumsi kacang kapri yang kaya zat besi bisa mencegah anemia dan kelelahan. Selain itu, kacang kapri juga mengandung beta karoten, salah satu bentuk antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari sel kanker.

Kacang kapri juga bisa membantu Anda untuk berdiet karena kadar kalorinya yang sedikit. Serat yang terdapat di dalamnya juga membantu Anda kenyang lebih lama. Kacang kapri bisa disimpan hingga dua sampai tiga hari di dalam lemari es. Akan lebih baik jika kacang kapri dibekukan agar tak merusak kesegarannya. Kacang kapri sangat cocok dinikmati saat segar sebagai salad bersama sayuran lainnya.

Jangan memasak kacang kapri dengan suhu yang terlalu tinggi karena bisa menghilangkan rasa dan nutrisinya. Anda juga bisa menambahkan kacang kapri dalam masakan ayam, bebek, atau lainnya.

Sepintas, kacang kapri terlihat mirip dengan kacang polong. Kacang polong biasa juga disebut ercis. Perbedaannya dengan kacang kapri, kacang polong hanya dimakan bijinya, sedangkan kacang kapri dimakan bersama polongnya. Ercis merupakan sayuran yang populer di Eropa dan biasa dinikmati sebagai salad (teman makan steak) atau sup.

Sup krim kacang polong merupakan salah satu menu pengaruh Belanda yang cukup hits di masa lalu. Kata ercis sendiri diadaptasi dari Bahasa Belanda yang berarti kecil. Ercis juga biasa dijadikan campuran dalam masakan China, seperti nasi goreng atau fuyunghai, serta masakan Timur Tengah. Sementara kacang kapri biasa diolah menjadi campuran capcay, sambal goreng, atau sup. Kacang kapri sendiri ada 2 jenis, yaitu snow pea (jenis yang pipih, lebih mudah ditemukan) dan snap pea (jenis yang lebih ‘gendut’).

Nah, perkara harga, kacang kapri dijual dengan harga yang cenderung stabil meskipun kadang mengalami kenaikan dan penurunan harga yang disebabkan oleh kondisi dan . Harganya berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram (kg).

Biasanya harga sayuran naik saat terjadi hujan setiap hari sehingga menyebabkan sayuran berkurang kualitasnya, atau bahkan banyak yang membusuk. “Kami tidak mau menjual sayuran dengan kurang baik, karena konsumen tidak mau membelinya. Konsumen memilih sayur bagus meskipun harga naik,” kata salah seorang pedagang di Pasar Kliwon Temanggung.

Loading...