Punya Motif Kulit yang Indah, Harga Ular Albino Baby Berkisar Mulai Rp 2 Jutaan

Anak Ular Phyton AlbinoAnak Ular Phyton Albino - id.carousell.com

Ular piton atau ular sanca dikenal sebagai ular jinak yang cukup populer di dunia dan banyak dipelihara oleh pecinta reptil. Ular piton misalnya, bisa tumbuh hingga tubuhnya panjang dan besar. Oleh sebab itu, beberapa penghobi reptilia biasanya lebih senang memelihara ular-ular dengan yang indah itu sejak masih bayi. Terlebih karena ular baby relatif lebih mudah. ular-ular tersebut pun bermacam-macam, untuk albino juga termasuk yang disukai.

Menurut Zainal Arifin, salah satu ular piton asal Tulungagung, jenis ular piton ada bermacam-macam, mulai dari retic culatus phyton, platinum, sunfire, tiger, golden child, motley platinum, genetic strip dan velvet. “Piton dinilai mahal karena motifnya, dan genetik. Paling bagus bisa memperlihatkan lima gen. Kelimanya bisa dilihat dari tampilan dan motif kulitnya,” ungkap pria yang akrab disapa Azen ini, seperti dilansir Tribunnews.

Azen menambahkan, beternak piton terbilang menguntungkan. Pasalnya, satu ekor induk piton umumnya dapat menghasilkan sekitar 30 . Setelah dimasukkan inkubator selama 100 hari, -telur itu akan menetas. Tetapi butuh perlakuan khusus supaya dapat menetaskan semua . Sedangkan kelembapan udara mencapai 90 RH (kelembapan relatif). Nah, bila sudah menetas maka bayi piton sudah siap dipasarkan.

Baby piton tersebut biasanya ia jual setelah berusia satu bulan atau sudah pernah makan. “Begitu menetas, bayi piton butuh waktu satu bulan untuk makan pertama kali,” papar Azen. Adapun 1 ekor bayi piton yang paling jelek ia jual dengan harga Rp 2 juta per ekor. Piton hasil tangkaran Azen biasanya dengan harga terendah Rp 5 jutaan dan dalam sebulan Azen mengaku dapat menjual minimal 5 ekor bayi piton.

Azen lebih banyak menawarkan bayi piton secara online. ular piton pun terbuka dari seluruh Indonesia, mulai dari Jawa, Lampung, Batam, Kalimantan, Makassar, Bali, dan Lombok. Sementara itu, untuk harga ular albino retic white phase baby python dijual sekitar Rp 2 juta, sedangkan ular sanca/retic golden child albino purple harganya mencapai Rp 5 juta per ekor.

Loading...