Punya Mobil Nganggur? GrabCar Tawarkan Bisnis Menggiurkan

GrabCar - www.themalaymailonline.comGrabCar - www.themalaymailonline.com

GrabCar merupakan pemesanan mobil pribadi yang bisa disewa untuk perjalanan dari satu tujuan ke tujuan yang lainnya. Meski asal Singapura tersebut telah memiliki armada sendiri, namun mereka ternyata membuka peluang bagi masyarakat yang punya mobil tetapi jarang digunakan dan ingin mendapat penghasilan tambahan dari kendaraan tersebut.

Sejak beroperasi di pada bulan Agustus 2015, dua bulan setelahnya atau Oktober 2015, sudah ada sekitar 5.000 mobil yang telah bergabung dengan layanan GrabCar di Jakarta. Menurut Ketua Perkumpulan Pengusaha Rental Mobil (PPRI), Hendric Kusnadi, 5.000 mobil tersebut berasal dari 60 perusahaan rental yang bergabung di bawah payung PPRI.

“Semua yang bergabung di GrabCar adalah anggota PPRI,” ujarnya kala itu. “Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.000 mobil adalah milik pribadi yang bergabung atau meminjam ‘bendera’ perusahaan rental agar dapat bermitra dengan GrabCar. Sementara, di Bali, GrabCar memiliki kurang dari 2.000 mitra pengemudi dengan 10 sampai 12 perusahaan rental yang telah bergabung secara .”

GrabCar sendiri memang memberikan iming-iming penghasilan hingga belasan juta kepada mereka yang memiliki mobil pribadi dan jarang digunakan untuk bergabung sebagai mitra. Di samping itu, perusahaan ini juga memberikan asuransi jiwa maksimum Rp68 juta per orang dan mitra GrabCar juga dapat memilih waktu bekerja sesuai kebutuhan.

Untuk bisa menjadi mitra GrabCar, pemohon cukup melakukan via online, sambil mengunggah dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, SIM A/B/B1 yang masih berlaku, SKCK yang masih berlaku, STNK, dan polis asuransi (bisa menyusul). Sementara, ketentuan kendaraan yang dapat didaftarkan harus tahun 2012 ke atas, dan dapat berupa MPV, SUV, sedan (Civic dan Vios), dan juga hatchback.

Menurut ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, menyebutkan bahwa mobil sewa angkutan orang menggunakan kendaraan mobil penumpang umum minimal 1.300cc. Jadi, apa saja diperbolehkan asal kapasitas mesinnya tidak boleh di bawah 1,3 liter.

Loading...