Punya Mesin ‘Bandel’ & Banyak Diburu, Harga Mobil Bekas Starlet Kapsul Terus Naik

Mobil Starlet Kapsul - www.bukalapak.comMobil Starlet Kapsul - www.bukalapak.com

Setiap tahun memang selalu ada mobil seri yang diluncurkan untuk pasar Indonesia. Meski banyak kehadiran mobil baru, penggemar mobil-mobil bekas terutama seri lawas rupanya tak ada matinya. Bahkan menurut beberapa mobil second, mobil-mobil legendaris seperti Toyota Starlet yang diproduksi sejak tahun 1973 hingga tahun 1999 hingga kini permintaannya cukup tinggi dan harga jualnya selalu naik dari waktu ke waktu.

Di kalangan pemburu mobil bekas terdapat 2 generasi Starlet yang cukup laris, yakni Starlet Kotak dan Starlet Kapsul. Di Indonesia, mobil hatchback Starlet Kapsul pertama kali tahun 1991 sebagai hatchback dari sedan Toyota Great Corolla. Mobil ini dijuluki kapsul karena memiliki yang membulat layaknya kapsul. Starlet Kapsul hadir dalam 2 , yang pertama memiliki spesifikasi berkapasitas 1.0 liter dengan kode sasis EP80, sedangkan yang kedua bermesin 1.3 liter berkode sasis EP81.

Tipe Starlet Kapsul yang beredar antara lain adalah 1.0 XL, 1.3 SE, dan 1.3 SE Limited yang kemudian berubah jadi 1.3 SE-G. Salah satu pemilik dealer mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat bernama Marlon mengungkapkan jika peminat mobil berdimensi mungil ini ternyata masih banyak walaupun harganya terus meningkat. “Mobil itu tahun 1990-an laku banget. Bahkan, sekarang naik terus harganya,” kata Marlon, seperti dilansir Viva.

Lebih lanjut Marlon menjelaskan bahwa harga mobil StarKap (Starlet Kapsul) terus melonjak karena statusnya saat ini tergolong langka, sehingga banyak diburu oleh kalangan kolektor mobil jadul. “Mobilnya juga enak dipakai serta memiliki mesin yang bandel di kelasnya, sama seperti Corolla tahun 1990-an atau Civic Genio,” beber Marlon.

Senada, marketing diler 88, Yaya juga mengatakan jika Starlet Kapsul kini sulit didapatkan dan harganya melonjak tajam. “Mobil itu memang tua, tapi bagus. Coba aja test. Beberapa penggunanya juga kebanyakan merawat mobilnya, relatif mudah perawatannya. Modelnya juga masih enak dilihat, sehingga harganya jadi tinggi,” ucapnya.

Sebagai , berdasarkan penelusuran di OLX, harga mobil bekas Toyota Starlet Kapsul SE 1.3 tahun 1994 saat ini berkisar Rp 43 jutaan, kemudian Starlet Kapsul seken tahun 1991 harganya relatif lebih murah antara Rp 38-39 jutaan, sedangkan untuk Starlet Kapsul bekas tahun 1996 harganya bisa mencapai Rp 55 juta. Harga mobil bekas Starlet Kapsul biasanya tergantung dari kondisinya, jika sudah dimodifikasi menjadi lebih sporty biasanya harganya bisa lebih mahal lagi.

Loading...