Punya Masa Efektif Lama, Biaya Pasang IUD di Dokter Kandungan Mulai Rp 300 Ribuan

Pasang IUD di Dokter Kandungan

Pasangan suami istri yang hendak menunda atau mengatur jarak biasanya menggunakan kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan. Ada berbagai jenis kontrasepsi yang tersedia di . Dari segala jenis kontrasepsi, IUD atau spiral menjadi kontrasepsi yang paling banyak dipasang terutama bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu yang lama. Pemasangan IUD umumnya dilakukan di kandungan, Puskesmas, atau bidan.

“Spiral atau istilah medisnya disebut AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) atau dalam bahasa Inggris disebut IUD (Intrauterine Device) memang mempunyai masa efektif yang berbeda-beda tergantung dan merknya,” jelas dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD dr. Soetomo Surabaya, seperti dilansir Detik.

Terdapat dua jenis IUD yang biasanya disediakan, yakni IUD berlapis tembaga dan IUD berisi hormon. Perbedaannya, IUD lapis tembaga merupakan IUD yang diciptakan terlebih dahulu, sedangkan IUD berisi hormonal merupakan IUD keluaran terbaru. Lebih lanjut dr. Hari mengungkapkan bahwa angka kegagalan pada IUD tembaga adalah 0,52 per 1.000 pemakai, sedangkan IUD hormon adalah 0,06 per 1.000 pemakai.

“IUD berisi hormon memiliki angka kegagalan KB lebih rendah tetapi tidak signifikan secara statistik. Selain angka kegagalan, angka kejadian kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan) pada IUD berisi hormon lebih rendah hingga seperempat dari IUD biasa,” ungkap dr. Hari.

Meski cukup efektif, IUD spiral dikenal menimbulkan beberapa samping seperti perdarahan yang lebih banyak dari biasanya. Sekitar 35% pengguna IUD akan mengalami perdarahan lebih banyak dan lebih sering dari sebelum pemasangan dalam jangka waktu 3 bulan usai IUD dipasang. Namun angka tersebut akan menurun usai 3 bulan pemakaian.

“Lebih baik dievaluasi terlebih dahulu selama 3 bulan ke depan. Apabila didapatkan kelainan yang makin buruk, seperti perdarahan makin banyak, infeksi, dsb, maka memang sebaiknya dilepas dan diganti kontrasepsi cara lain,” sambungnya.

pasang IUD di dokter kandungan sendiri cukup bervariasi. Ada ibu yang mengaku mengeluarkan dana sekitar Rp 750 ribu, sudah termasuk IUD dan dokter. Kemudian ada pula yang mengaku hanya menghabiskan sekitar Rp 500 ribu. Di (RS) Permata Depok pemasangan IUD berkisar Rp 700 ribuan, sedangkan di RSIA Annisa Banjarmasin berkisar antara Rp 300 ribu – Rp 3 juta.

Loading...