Punya Kualitas Bersaing, Berapa Harga Jual Granit Baleno di Pasaran?

Ilustrasi : Penggunaan granit untuk lantai di sebuah gedung

Penggunaan granit sebagai material di perkantoran maupun hunian memang diyakini menawarkan banyak kelebihan. Permintaan granit di Indonesia pun cukup besar, tak ayal jika merek granit di Tanah Air makin variatif, mulai dari merek-merek impor hingga merek layaknya Garuda, Indogress, Baleno, hingga Essenza. Tiap merk granit biasanya memiliki dan ciri khas masing-masing yang membuat mereka cukup bersaing.

Sayangnya mengenai harga granit Baleno cukup minim. Padahal merek satu ini kabarnya cukup banyak dijual di beberapa toko bahan bangunan karena dinilai sebagai produk granite lokal yang kualitasnya setara dengan merk yang telah lebih dulu terkenal seperti Garuda. “Teman ada yang menyarankan granit Garuda. Tapi pas coba ke tukang keramik dan granit, barang lagi nggak ada dan penjualnya kasih yang ‘katanya’ setara, yaitu merek Indogress dan Baleno,” kata salah satu netizen di forum Kaskus.

Apabila memang benar granit Baleno setara dengan merek-merek seperti Garuda dan Indogress, maka kemungkinan harga jualnya berada di kisaran Rp 200 ribuan hingga Rp 500 ribuan per dus, tergantung dan motifnya. Namun biasanya yang umum tersedia mulai 30×60, 60×60, 80×80, 40×80, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya kunjungi atau hubungi toko-toko bahan bangunan yang memang menjual granit merek Baleno.

Saat ini sebenarnya permintaan akan granit-granit lokal dikabarkan sedang menggeliat, namun pasar properti di Indonesia digempur habis-habisan oleh granit impor asal China. Alhasil produksi granit lokal mulai terganggu. Menurut Vice President Director PT Asri Pancawarna, Hendrata Atmoko menjelaskan bahwa total volume penjualan granit tahun 2015 mencapai 5 juta meter persegi. Dari keseluruhan total tersebut, sekitar 30-40% adalah produk impor asal China. “Makanya untuk tumbuh kami ingin ambil ceruk pasar itu,” jelas Hendrata, seperti dilansir Kontan.

Asri Pancawarna sendiri merupakan granit merek Indogress dan Decogress. Lebih lanjut Hendrata mengatakan jika ia yakin produksi granit domestik dapat menutupi demand atau permintaan pasar yang mencapai angka 1,3 juta m2.

Oleh sebab itu Hendrata berharap agar pemerintah membatasi impor granit. Pasalnya granit impor juga memiliki perbedaan kualitas dengan granit lokal, sehingga harga granit impor menurut Hendrata lebih murah 10-20% dari harga granit lokal.

Loading...