Punya Empat Program, Biaya Masuk Pesantren Daar el-Qolam Mulai Rp10,5 Juta

Pesantren Daar el-Qolam - pondokpesantrenindah.blogspot.co.idPesantren Daar el-Qolam - pondokpesantrenindah.blogspot.co.id

Daar el-Qolam merupakan salah satu pondok pesantren lawas di yang masih tetap eksis mengembangkan visi dan misinya sebagai lembaga Islam hingga saat ini. Menyelenggarakan empat program , pondok pesantren yang berlokasi di Tangerang tersebut mematok masuk sebesar Rp10,5 juta sampai Rp13,9 jutaan bagi calon siswa yang ingin mendaftar sebagai santri baru.

Pada bulan Januari 2018 ini, Pondok Pesantren Daar el-Qolam memasuki usia ke-50 tahun. Serangkaian digelar untuk memperingati umur setengah abad tersebut, termasuk mengundang beberapa tokoh seperti Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. “Daar el-Qolam berdiri pada tanggal 20 Januari 1968. Pondok ini dihuni lebih dari 5.500 santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia,” jelas Koordinator milad ke-50 Ponpes Daar el-Qolam, Saeful Bahri.

Dalam kegiatan belajar dan mengajar, Daar el-Qolam mengintegrasikan dua kurikulum, yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum sekolah atau madrasah. Dalam perjalanannya yang memasuki tahun ke-50, pondok tersebut membagi program belajar mereka menjadi empat, yaitu Daar el-Qolam 1 dan Daar el-Qolam 2 untuk santri tamatan SD/MI, Daar el-Qolam 3 untuk lulusan SMP, dan Daar el-Qolam 4 yang bertujuan mempermudah santri untuk meneruskan pendidikan ke Timur Tengah.

Ada tiga kompetensi yang dijalankan oleh Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Kompetensi pertama mencakup general competency seperti Teaching Methodology, Basic General English, Basic General Arabic, Fathul Kutub, dan Basic Information Technology. Sementara, kompetensi kedua adalah manajemen dan skill, sedangkan kompetensi ketiga adalah program studi persiapan untuk masuk perguruan tinggi.

Untuk bisa melanjutkan pendidikan di tempat ini, calon santri wajib mendaftar langsung dengan didampingi oleh orang tua atau wali yang berwenang. Selain itu, wajib melunasi biaya sebesar Rp300 ribu plus mengisi formulir , melengkapi yang diperlukan, mengikuti ujian seleksi, serta melakukan ulang jika diterima.

Jika calon siswa mendaftar di Daar el-Qolam 1, biaya masuk dipatok sebesar Rp10,5 juta, sedangkan biaya masuk di Daar el-Qolam 2 sebesar Rp13,9 juta, dan biaya masuk di Daar el-Qolam 3 sebesar Rp11,5 jutaan. Biaya tersebut sudah termasuk pendaftaran dan tes, pembangunan dan sarana, pemeliharaan ranjang, serta kursi dan meja belajar, dengan tambahan biaya SPP bulanan mulai Rp900 ribu sampai Rp1,1 juta.

Loading...