Punya Ekor Panjang & Suara Merdu, Harga Pasaran Murai Bordan Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Harga Pasaran Murai Bordan

Jenis-jenis hias saat ini semakin variatif, terutama karena beberapa penghobi biasanya juga kerap melakukan perkawinan silang antara jenis satu dengan yang lain. Misalnya saja seperti murai bordan. kicau dengan tampilan unik adalah hasil dari kawin silang antara jenis murai batu yang berbeda. Cara merawat dengan ekor panjang ini agar bisa bermental juara memang perlu keahlian khusus, tak ayal bila murai bordan bisa mencapai jutaan rupiah.

Agar dapat mencetak burung murah dengan suara lantang dan merdu, rupanya dibutuhkan asupan pakan dan vitamin yang berkualitas supaya mendukung proses pengembangan murai menjadi jawara. Salah satu penghobi dan burung murai asal Jakarta Timur, Iswahyu Wiwoho menjelaskan bahwa pakan untuk murai trotol yang masih anakan harus berupa pakan segar seperti jangkrik putih, kroto, ulat Hong Kong, dan cacing merah.

Selain itu, pemberian pakan juga harus diloloh menggunakan sendok secara hati-hati, sebab murai trotol masih sangat rentan terhadap benturan. Takaran pemberian pakan juga harus diperhatikan dan diberikan secara terjadwal.

“Karena naluri baby itu setiap ada gerakan selalu membuka mulut, itu bukan berarti dia lapar tapi karena memang burung anakan baru bisa merangsang gerakan akibat penglihatannya yang masih belum sempurna. Nah, hal itu jangan disikapi dengan pemberian pakan yang menerus karena mulut burung masih terbuka tiap dijejali pakan, efeknya bisa pada kematian karena perut dapat melendung,” papar Iswahyu, seperti dilansir Jitunews.

Menurut Iswahyu, pakan untuk burung murai setidaknya dapat diberikan sehari 3 kali setiap pagi, siang, dan sore hari dengan takaran sekitar 4-5 kali suapan ujung stik es krim. Sedangkan untuk murai dewasa, porsi kroto, cacing, dan ulat Hong Kong justru mulai dikurangi dan akan digantikan dengan pakan dari pur pabrikan.

Di pasaran, harga burung murah bordan sangat bervariasi. Biasanya berkisar antara Rp 875 ribu hingga mencapai Rp 3,5 juta untuk murai bordan yang sudah pandai berkicau alias ‘gacor’. Selain secara offline di burung, murai bordan juga banyak secara di sejumlah situs .

Loading...