Punya Ciri Warna Unik, Harga Lovebird Mocca Dewasa Bisa Sampai Rp 1 Jutaan

Lovebird Mocca - www.olx.co.idLovebird Mocca - www.olx.co.id

Popularitas lovebird kini sedang melonjak di kalangan para pecinta hias atau kicau. liar ini memiliki kicauan yang indah dan terkenal dengan corak bulunya yang menarik. Tampilannya yang imut dan suara kicau yang merdu akhirnya membuat banyak masyarakat Indonesia tertarik untuk memelihara dan membudidayakannya.

burung lovebird pun ada bermacam-macam, mulai dari lovebird albino, lutino, violet, pasvio (pastel violet), pasbir (pastel biru), hingga lovebird mocca mauve. Ciri dari masing-masing lovebird tersebut biasanya sesuai dengan namanya.

Misalnya saja untuk lovebird mocca mouve biasanya memiliki perpaduan warna tubuh yang unik antara cokelat lembut dan putih. Warna gradasi tersebut tampil dengan kombinasi kepala berwarna coklat muda, leher coklat keputihan, dan sayap berwarna coklat lembut. Sedangkan bagian paruh warnanya jingga lembut atau jingga tua.

Burung lovebird mocca mauve biasanya dalam kondisi masih anakan dan sudah . Harga lovebird mocca anakan relatif murah, mulai Rp 500 ribuan, sedangkan harga lovebird mocca mulai Rp 700 ribuan hingga Rp 1 jutaan.

Booming-nya burung love bird (LB) di kalangan pecinta burung kicau ini menyebabkan potensi ternak burung berparuh bengkok ini meningkat selama 2 tahun belakangan. Pasalnya keuntungan yang didapat dinilai cukup menjanjikan. Akan tetapi, seiring dengan semakin banyaknya lovebird di semua wilayah, harga bakalan atau anakan lovebird tahun 2018 ini dikabarkan mengalami penurunan yang cukup signifikan, salah satunya di Kecamatan Soko, Tuban.

“Harganya berangsur turun. Rata-rata turun Rp 30 ribu. Bahkan ada yang di bawah Rp 100 ribu juga harga jualnya,” kata Amin, warga Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, seperti dilansir Kumparan.

Amin menambahkan, sebelumnya harga satuan lovebird bakalan atau yang baru menetas dengan sedang bisa lebih dari Rp 180 ribu. Namun lama kelamaan harganya turun jadi Rp 150 ribu per ekor hingga terus anjlok di harga Rp 30 ribu. “Sekarang ini malah harganya cuma Rp80 ribu per ekor. Malah turun, hasilnya minim,” bebernya.

Alif, peternak lainnya berpendapat jika turunnya harga anakan lovebird bisa diakibatkan berbagai , di antaranya lantaran peminat ternak burung kicau tinggi tetapi pembeli relatif tetap. “Banyak peternak burung kicau. Stoknya banyak tapi pembelinya gak begitu tinggi, jadi para terus menurunkan harga supaya laku,” ucapnya.

Loading...