Punya Beragam Produk Tabungan, Ini Aturan Rekening Dormant BRI

Aturan Rekening BRI - www.merdeka.comAturan Rekening BRI - www.merdeka.com

Bank Rakyat Indonesia (BRI) termasuk bank nasional yang memiliki jumlah cukup banyak di Air. Selain memiliki beragam , BRI juga menawarkan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah masa kini seperti kartu ATM, m-banking, banking, SMS banking, hingga kemudahan buka secara . Namun saat membuka , para nasabah harus paham betul aturan mengenai pasif (dormant) BRI.

Seperti diketahui, BRI memiliki beberapa pilihan produk tabungan, di antaranya Simpedes dan Britama. Kedua produk simpanan itu memiliki aturan rekening dormant yang berbeda. Adapun untuk rekening Britama, rekening menjadi dormant apabila saldo nasabah di bawah saldo minimum dan tidak bertransaksi selama 540 hari. Rekening akan menjadi pasif pada hari ke 540 + 1 dan rekening akan ditutup oleh sistem pada hari ke 541 + 1. Ketentuan saldo minimum yang mengendap di rekening Britama adalah Rp 50.000.

Sedangkan pada Simpedes, rekening dianggap dormant apabila di bawah saldo minimal sebesar Rp 50.000 dan tidak bermutasi (melakukan transaksi keuangan) selama 365 hari berturut-turut kecuali transaksi otomatis oleh sistem. Aturan rekening dormant BRI ini agaknya cukup ringan jika dibandingkan sejumlah bank lainnya yang menerapkan batas waktu rekening dormant relatif lebih singkat, sekitar 6 bulan.

Tak hanya digemari kalangan dewasa, BRI ternyata juga cukup digemari oleh kalangan pelajar, terutama untuk produk tabungan simpanan pelajar (Simpel). Seperti diketahui, belakangan ini menggalakkan program Indonesia menabung ke berbagai lini masyarakat, termasuk pelajar. Tahun ini menargetkan 75% penduduk Indonesia telah memiliki tabungan, tetapi saat ini hanya 4,89% masyarakat yang sudah punya tabungan.

“Untuk itu kita punya Simpel Day atau Simpanan Pelajar tapi ini baru satu program. Tentunya ada program lain yang simpanan pelajar dan pelajar ini jumlahnya besar sekali. Kami dan kementerian akan mendorong ini ke seluruh Indonesia supaya seluruh masyarakat ini punya tabungan,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, seperti dilansir Detik.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) total capaian nasabah Simpel dari periode Februari sampai April 2019, BRI menjadi bank terbanyak yang memperoleh nasabah baru. Pada periode tersebut, bank milik pemerintah ini telah berhasil mengumpulkan dana nasabah mencapai Rp 27,7 miliar. Lalu berdasar data Maret 2019, BRI sukses mengimplementasikan program Simpel dengan capaian lebih dari 21,2 juta rekening dengan total dana Rp 3,87 triliun.

Loading...