Punya Banyak Program Unggulan, Ini Biaya Pendidikan Pesantren Nurul Fikri Lembang

Biaya, pesantren, nurul, fikri, lembang, bandung, santri, program, unggulan, pendidikan, masuk, pendaftaran, syarat, prosedur, 2018, boarding, school,SMP Nurul-Fikri Boarding School Lembang

Selain mendaftarkan putra-putrinya ke negeri, tak sedikit para orang tua di Tanah Air yang memasukkan anaknya ke berbasis keagamaan. Misalnya pemeluk agama Islam lebih menyukai berbasis Islami yang bisa didapatkan dari sejumlah pondok pesantren.

Di sendiri telah banyak berdiri pondok pesantren terkemuka yang menjadi rekomendasi sebagai tempat menempuh ilmu. Beberapa di antaranya bahkan memiliki santri yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air, seperti salah satunya adalah Nurul Fikri Boarding School.

Fikri Boarding School merupakan pondok pesantren modern terkemuka yang terletak di daerah Lembang Bandung, tepatnya beralamat di jalan Maribaya Timur, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Ponpes ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan berbasis kepesantrenan yang memiliki keunggulan dalam menghasilkan generasi yang sholeh, memiliki pemahaman syar’i dan kompetensi di bidang sains dan teknologi, serta jiwa kepemimpinan.

“Salah satu sekolah Nurul Fikri yang cukup terkenal adalah Nurul Fikri Boarding School Lembang atau biasanya disingkat NF Lembang. Sekolah ini menerapkan metode kepesantrenan, yang istilah ‘pesantren’ sekarang diganti menjadi istilah Bahasa Inggris dengan ‘boarding school’, mungkin supaya mempunyai nilai kompetitif dan sedikit bergengsi,” ungkap Muhammad Irfan dalam reviewnya di Kompasiana.

Untuk ajaran /2019 ini, Ponpes Nurul Fikri telah membuka sejak tanggal 1 Oktober lalu, untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pendaftaran sebesar Rp500.000. Nominal tersebut sudah meliputi pendaftaran, serta tes seleksi akademis dan wawancara. Sementara masuk standar berkisar Rp32.500.000, yang meliputi Pengembangan Pendidikan, Sumbangan Pendidikan, Iuran SPP, dan Komite Sekolah.

Dalam seleksi Penerimaan Santri Baru (PSB), para santri wajib memenuhi prosedur dan syarat pendaftaran yang ditetapkan oleh pihak Nurul Fikri, seperti mengisi formulir pendaftaran secara online, membayar biaya pendaftaran, menyerahkan fotokopi akta kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua (ayah dan ibu), ijazah terakhir, rapor, NISH, data kesehatan lengkap dan tes psikologi, pas foto berwarna, serta membayar biaya pendidikan setelah lulus tes seleksi.

Berdasarkan pada moto pesantren yakni ‘Sholeh, Cerdas, dan Mampu Memimpin’, pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2010 ini memiliki unggulan untuk merealisasikan moto sholeh, salah satunya dengan mendidik para santri untuk senantiasa dekat dengan Al-Quran.

Dalam kisaran waktu satu tahun, santri dididik untuk menghafal dua juz. Diharapkan selama tiga tahun, santri mampu menghafal enam juz. Terbukti sejak pesantren didirikan, telah banyak para santri yang memenangkan berbagai perlombaan tahfidz.

Selain diberikan praktik langsung berupa setoran hafalan, para santri juga diberikan teori-teori tentang pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran itu di antaranya adalah tahsin Al-Qur’an. Para santri dibuat ke beberapa kelas untuk memudahkan pembelajaran Al-qur’an sesuai kapasitas para santri tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan mereka dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Selain pembelajaran berupa teori dan penyetoran hafalan, divisi Tahfidzul Qur’an juga mengadakan daurah Qur’an dan Mukhayam. Berbagai metode pembelajaran dan kegiatan yang dilaksanakan tentunya tidak lain untuk memudahkan pembelajaran para santri.

Loading...