Punya Banyak Peminat, Biaya Kuliah S1 Kebidanan Unair Capai Rp 37,5 Jutaan

Ilustrasi : Seorang bidan melakukan USG kepada ibu hamil.

Setiap negeri yang ada di Indonesia biasanya membuka penerimaan jenjang sarjana () melalui beberapa jalur pendaftaran, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur mandiri. Tak terkecuali dengan perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Kota Surabaya, Airlangga (Unair). Pada tahun 2018/2019 ini setidaknya terdapat 1.658 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Dari 1.658 jumlah calon mahasiswa yang diterima, 370 di antaranya merupakan peserta Bidikmisi. Unair sendiri memiliki kuota Bidikmisi sebanyak 780 kursi. “Jadi sekarang sudah separo kuota Bidikmisi yang terpenuhi,” kata Rektor Unair Prof. Dr. M. Nasih kepada wartawan, Selasa (17/4), seperti dilansir Jawa Pos.

Nasih menyebutkan terdapat 6 program studi (prodi) yang memiliki tingkat keketatan tertinggi. Pada bidang sains dan teknologi antara lain adalah Masyarakat yang diminati 2.081 pendaftar tetapi hanya 72 mahasiswa yang diterima; Apoteker 1.843 pendaftar hanya 72 mahasiswa yang lolos SNMPTN; dan Pendidikan Dokter dengan 1.710 pendaftar tetapi hanya menerima 75 mahasiswa.

Sedangkan pada bidang sosial yang tingkat keketatannya tertinggi adalah Manajemen dengan 2.028 pendaftar dan hanya menerima 75 mahasiswa; Psikologi dengan 1.836 pelamar tetapi hanya meloloskan 66 mahasiswa; serta Akuntansi dengan 1.761 pendaftar dan hanya 75 mahasiswa yang berhasil masuk Unair.

Seperti halnya PTN pada umumnya, Unair juga menerapkan uang kuliah tunggal (UKT). Berdasarkan di situs resmi Unair, calon mahasiswa yang ingin mendaftar di jalur Mandiri jenjang Strata 1 (S1) diharuskan mengikuti seleksi di jalur SBMPTN 2018. Biaya kuliah atau UKT yang ditetapkan untuk mahasiswa yang lolos seleksi jalur Mandiri di Unair pun bervariasi, tergantung yang diambil.

UKT di Unair untuk jalur Mandiri terbagi menjadi 2 komponen, yakni Uang Kuliah Semesteran (UKS) yang dibayar tiap dan Uang Kuliah Awal (UKA) yang merupakan tarif minimal untuk dibayar sekali pada saat masuk. Sebagai contoh di Fakultas (FK) untuk prodi S1 Pendidikan Dokter dikenai UKS Rp 15 juta dan UKA Rp 70 juta, sedangkan S1 Pendidikan (Kebidanan) ditarik biaya UKS Rp 7,5 juta dan UKA Rp 30 juta.

Loading...