Punya Banyak Nama dan Tipe, Berikut Harga Pipa PVC di Pasaran

Pipa PVC

JAKARTA – Pipa PVC (polyvinyl chloride) saat ini memang semakin banyak digunakan sebagai pengganti pipa besi. Pasalnya, pipa dengan beberapa nama atau tersebut dikenal ringan, ekonomis, tidak berkarat, dan mudah dalam hal instalasi. Saat ini, ada banyak pipa PVC yang di dengan mulai puluhan ribu hingga jutaan , tergantung dan jenisnya.

“Meski pipa dari bahan besi lebih kuat, namun pipa PVC memiliki beberapa kelebihan lain,” papar Product Specifier Power, Septian, seperti dikutip Rumah.com. “Pipa PVC ini lebih ringan, lebih ekonomis, lentur, tidak berkarat, tahan terhadap asam alkali, non-konduktor, dan mudah dalam hal instalasi atau pemasangan.”

Meski demikian, Septian mengingatkan bahwa sambungan pipa PVC tidak diperkenankan dibakar karena dapat mengurangi kekuatan material pipa tersebut. Bahkan, bisa lebih berbahaya pada pipa yang masih mengandung timbal karena senyawa tersebut bisa menyebar ke mana-mana. “Langkah paling praktis (menyambung pipa) adalah dengan menggunakan fitting,” sambung Septian.

Secara umum, ada tiga pipa PVC yang beredar di pasaran, yakni tipe AW, D, dan C. Tipe AW menjadi pipa paling tebal yang diklaim mampu menahan tekanan hingga 10 kg per cm2. Sementara, tipe D adalah pipa dengan ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan hingga 5 kg per cm2. Nah, untuk tipe C, adalah tipe paling tipis dan karenanya kurang baik untuk saluran air dan sering dipakai sebatas untuk pelindung.

Di pasaran, ada banyak merek pipa PVC yang bisa ditemukan. Pipa PVC Wavin misalnya, saat ini tersedia dalam ukuran 1,2 inci sampai dengan 12 inci dan dijual dengan harga mulai Rp21 ribuan hingga Rp2,4 jutaan untuk tipe AW. Sementara, pipa PVC Wavin tipe D sekarang dijual dengan harga mulai Rp37 ribuan untuk ukuran 1 inci sampai Rp1,4 jutaan untuk ukuran 12 inci.

lainnya adalah pipa PVC Rucika yang sekarang hadir dalam tipe VP dan VU, serta ditawarkan dengan harga mulai Rp38 ribuan untuk ukuran 0,5 inci sampai Rp3,2 jutaan untuk ukuran 12 inci. Sementara, pipa PVC Intilon dijual dengan harga mulai Rp19 ribuan sampai Rp2,26 jutaan untuk tipe AW, dan mulai Rp34 ribuan sampai Rp2,9 jutaan untuk tipe VP.

Loading...