Punya Banyak Manfaat, Harga VCO per Liter Bisa Dijual Sampai Ratusan Ribu Rupiah

Harga VCO per Liter - www.bukalapak.comHarga VCO per Liter - www.bukalapak.com

Pohon kelapa memang bisa dibilang memiliki sejuta manfaat. Mulai dari bagian daun, , hingga buahnya pun dapat dimanfaatkan untuk berbagai , termasuk diolah menjadi minyak kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO). VCO telah lama dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun . Tak heran jika VCO kini luas dengan harga variatif di apotik, supermarket hingga di minimarket layaknya Indomaret dan Alfamart.

VCO yang asli bisa dikonsumsi langsung untuk menunjang kesehatan serta diolah menjadi beberapa turunan layaknya sabun mandi, minyak telon, pasta gigi, hingga body lotion. Jika menekuni bisnis atau usaha pembuatan VCO, sang pengusaha juga bahkan dapat memiliki hasil sampingan lain yang bisa dijual, misalnya batok kelapa dan ampasnya. Selain itu, VCO juga dapat menghasilkan minyak goreng (krenceng) yang dibuat dari blondo setelah fermentasi VCO selesai.

Tak heran apabila banyak orang yang mulai tertarik memproduksi VCO, tak terkecuali dengan Ryan Hartopo bersama rekannya, Indra, asa Berjo, Sleman. Hingga kini mereka telah mempekerjakan 5 orang. “Kami menargetkan dalam sepekan bisa menghasilkan 2.000 liter VCO. Sementara ini pemasaran lebih banyak ke produsen VCO yang sudah lebih lama berdiri dan telah mampu membuat beberapa produk turunan dari VCO,” ucap Ryan, seperti dilansir KRJogja.

Ryan berharap apabila ia sudah bisa memproduksi lebih banyak VCO dan membuat sendiri beraneka produk turunan dari VCO, maka akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang dapat diserap untuk usahanya. “Bahan baku kelapa banyak diperoleh dari Kokap serta Brosot Kulonprogo. Saat ini harganya antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500 per butir. Setiap 1.000 butir kelapa rata-rata menghasilkan 90 sampai 100 liter VCO. Harga VCO antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per liter, antara lain dipengaruhi tingkat kejernihan dan bau/aroma dari VCO,” paparnya.

Sementara itu, di pasaran harga VCO per liter yang sudah dikemas dalam botol biasanya dijual lebih mahal. Untuk VCO curah kemasan botol 1 liter (1000 ml) harganya dibanderol Rp 90 ribuan, sedangkan extra virgin coconut oil merek Ecozest 1 L harganya mencapai Rp 289 ribu per botol.

Loading...