Punya Banyak Khasiat, Harga Jual Minyak Gaharu Bisa Capai Jutaan Rupiah

Minyak Gaharu - gaharuinfo.blogspot.co.idMinyak Gaharu - gaharuinfo.blogspot.co.id

Alam yang kaya menjadikan negara ini sebagai penghasil berbagai komoditas yang penting mulai dari kayu hingga wewangian dari gaharu. Gaharu selama ini dikenal sebagai jenis yang memiliki wangi sangat semerbak. Selain kayunya yang diolah untuk berbagai keperluan, gaharu juga dapat diekstrak melalui proses hingga menghasilkan minyak yang memiliki daya jual tinggi. Bahkan kabarnya berbisnis jual beli minyak gaharu pun cukup menguntungkan.

Pangsa pasar terbesar dari minyak gaharu sendiri berada di kawasan Timur Tengah. Gaharu biasanya digunakan dalam bentuk dupa untuk ritual keagamaan, pengharum alias parfum tubuh, ruangan, bahan kosmetik, dan bahan -obatan yang mempunyai atau khasiat sebagai anti asmatik, anti mikroba, dan stimulan kerja saraf dan pencernaan.

Untuk mendapatkan 1 liter minyak gaharu saja diperlukan setidaknya 1 ton kayu gaharu. Sementara itu harga jual dari 1 liter minyak gaharu dapat mencapai kisaran Rp 80 juta hingga Rp 400 jutaan per liter, tergantung dari kualitas minyak gaharu yang diproduksi. Bahkan di Tabanan saat ini sudah dilakukan berbagai metode untuk meningkatkan proses produksi minyak gaharu.

“Karena pohon gaharu memiliki nilai ekonomis tinggi kami sudah mempunyai mesin penyulingan minyak dan sudah memiliki kelompok tani binaan, binaan kelompok tani P4S Sriwijaya sangat antusias dengan tersedianya mesin penyulingan minyak tersebut. Apalagi pasar sudah tersedia,” kata Nyoman Wira Adnyana, pemilik lembaga P4S Sriwijaya (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), seperti dilansir Jayapos.

Minyak gaharu atau yang juga dikenal dengan sebutan Agarwood Essential Oil ini biasanya dalam botol yang ukurannya terbagi dalam beberapa mililiter. Selain dijual secara offline di toko-toko offline, minyak gaharu juga banyak dijual secara di sejumlah situs e-commerce besar.

Sebagai , per 5 ml minyak gaharu asli bisa dijual dengan harga mencapai Rp 60 ribu per botol. Ada pula yang menjualnya dengan harga mencapai Rp 2,8 jutaan per 50 ml. Konon minyak gaharu yang memang murni tanpa campuran alkohol apabila dicampurkan dengan minyak goreng dan diaduk akan menyatu.

Loading...