Punya Aroma Unik, Harga Biji Kopi Gayo Wine per Kg Mulai Rp 100 Ribuan

Biji KopiIlustrasi : Biji Kopi

Hingga kini masih menjadi komoditas dan ladang yang cukup menjanjikan di Indonesia. Banyaknya atau kopi yang tersedia juga menjadi salah satu faktor kenapa kopi terus berkembang. Terlebih karena saat ini juga bermunculan kopi baru seperti Aceh Gayo Wine yang disebut-sebut memiliki aroma unik layaknya wine atau anggur. biji kopi gayo wine per kg bermacam-macam, umumnya berkisar mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 134 ribuan.

Salah satu pebisnis kopi asal , Jawa Barat, Riski Ilham mengaku bisa meraup sekitar Rp 25 juta sampai Rp 35 juta per bulan dari menjual kopi kemasan (roasted bean) dengan harga sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per kilo. “Saat ini, pelanggan saya sebagian besar dari dan Payakumbuh, Sumatra Barat. Ke depan, ada rencana untuk ekspor kopi ke Singapura dan Malaysia,” jelas Riski, seperti dilansir Kontan.

Tak hanya Riski, pebisnis kopi lainnya bernama Darwin Jasmin juga berhasil meraup keuntungan yang menjanjikan dari berbisnis kopi lewat merek Awi Coffee. Sampai saat ini ia mempunyai sederet kopi unggulan seperti kopi king jantan, red cherry Gayo, dan Gayo wine.

Ia menjelaskan, Kingjantan adalah peaberry dari kopi specialty Tanah Karo. Sementara itu, red cherry Gayo merupakan salah satu kopi best seller yang hanya menggunakan buah kopi yang merah matang, diproses, dan dijemur kering di pegunungan. Nah, untuk Gayo wine belakangan jadi tren terbaru kopi Gayo dan sangat disukai oleh konsumen di dalam dan luar negeri.

Proses pengolahan kopi Gayo wine disebut proses wine dan butuh waktu sekitar 30-35 hari proses setelah panen. Meskipun namanya menggunakan embel-embel ‘wine’, rupanya kopi Gayo wine disebut halal dan tak masalah meski dikonsumsi oleh umat muslim sekalipun karena tak mengandung alkohol. “Jangan khawatir, kopi Gayo wine tidak mengandung alkohol, karena alkohol menguap pada suhu 70-80°c. Sedangkan kopi di-roasting melebihi suhu 200°c,” papar Darwin.

Loading...