Proyek Segwit2x Segera Rilis Kode Baru, Harga Bitcoin Turun ke Level $ 2.499,98

Bitcoin - flippingincome.comBitcoin - flippingincome.com

Hari ini, Sabtu (1/7) dibuka pada level 2.499,98 atau sekitar Rp 33,3 jutaan jika dirupiahkan, lebih rendah dari penutupan sebelumnya sebesar 2.561,56 (Rp 34 jutaan). Sepanjang perdagangan hari ini Bitcoin diperdagangkan pada kisaran 2.471,79 hingga 2.512,93 dengan pangsa mencapai 41,16 miliar.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Segwit2x proposal penskalaan kontroversial yang sebagian besar didukung oleh jaringan dan penambang BTC rupanya tetap patuh pada yang diumumkan sebelumnya. Seperti dilansir CoinDesk, pendiri Bloq sekaligus pengembang utama Segwit2x, Jeff Garzik mengungkapkan bahwa kode baru akan dirilis pada hari Jumat, setelah 2 minggu pengujian rilis Alpha. Perilisan kode baru tersebut menurutnya untuk menangani masalah dan komentar pada versi sebelumnya.

Jika pengembangan berlanjut seperti yang telah direncanakan, optimasi penskalaan Bitcoin yang diminta sebelumnya dapat diaktifkan sebelum bulan Agustus 2017 dengan hard fork yang dapat melipatgandakan blok yang dijadwalkan 3 bulan kemudian. Menurut jadwal, mining pools alias kolam penambangan BTC akan memasang perangkat lunak pada 14 Juli mendatang yang dapat memberi sinyal dukungan untuk upgrade setelah tanggal 21 Juli.

Yang mengkhawatirkan, hard fork disebut-sebut berpotensi akan menghasilkan perpecahan menjadi 2 aset bitcoin yang nantinya bersaing dalam perdagangan apabila tak semua orang setuju untuk melakukan upgrade pada software mereka terkait perubahan tersebut.

Di sisi lain, pengembang Bitcoin, James Hilliard menyebutkan bahwa rincian porsi hard fork sebesar 2 MB hingga kini masih diperdebatkan. “Tidak jelas apa rinciannya,” ujar Hilliard. Hilliard yang juga berkontribusi pada kode Segwit2x merasa skeptis pada timeline hard fork dan menganggapnya tidak realistis. Sentimen ini pula yang disebarkan oleh kontributor Bitcoin Core lainnya yang sebagian besar menolak Segwit2x.

Para pengembang sendiri telah mengusulkan berbagai cara untuk mengerjakan bagian hard fork dari kode tersebut, meski Hilliard mengatakan bahwa ini baru mungkin dilakukan dengan menunggu dan menyelesaikan kode untuk meningkatkan parameter ukuran blok setelah Segwit diaktifkan. Tentu saja dengan demikian pengguna hanya bisa menunggu dan berspekulasi dampak apa yang mungkin dihasilkan dari proyek ini.

Loading...