Proses Pengajuan Mudah, Berapa Biaya Pembuatan Paspor Anak?

Pembuatan Paspor - www.pikniek.comPembuatan Paspor - www.pikniek.com

adalah sebuah seorang sebelum hendak masuk ke lainnya. Tak hanya orang , anak-anak yang akan bepergian ke atau umroh juga diwajibkan mempunyai . Lalu berapa dan syarat pembuatan paspor untuk anak di bawah umur?

Rupanya paspor anak-anak berlaku untuk anak yang usianya berkisar antara 0-17 tahun atau sebelum mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Biaya buat paspor anak pun sama dengan pembuatan paspor dewasa, yakni Rp 300 ribu untuk paspor biasa 48 halaman dan Rp 600 ribu untuk e-passport atau paspor . Biaya tersebut masih belum termasuk jasa biometrik sebesar Rp 55 ribu.

Sementara itu tata cara pembuatan paspor untuk anak-anak tidak jauh berbeda dari paspor dewasa. Pengajuan pembuatan paspor untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia dapat dilakukan di Kantor Imigrasi setempat dengan mengisi aplikasi dan melampirkan dokumen sesuai persyaratan.

“Hanya saja persyaratan anak lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Di antaranya adalah KTP kedua orangtua, surat nikah atau akta kawin, akta kelahiran anak dan surat izin orangtua. Tujuannya sebagai pertanggungjawaban bahwasanya anak yang berangkat jelas orang tuanya dan diizinkan,” ujar Usin, Kasi Lantaskim Kantor Imigrasi Kelas 1 Pekanbaru, seperti dilansir Tribunnews.

Dokumen persyaratan yang dibutuhkan antara lain KTP ayah atau ibu yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran anak atau surat baptis, dan akta perkawinan atau buku nikah orang tua. Khusus bagi anak yang sudah berganti nama juga wajib membawa surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang.

“Selain syarat-syarat tersebut, sesuai pengalaman saya sewaktu membuat paspor untuk anak saya pada Februari 2017, ada syarat lain yang dibutuhkan, seperti paspor kedua orangtua dan surat pernyataan dari orangtua yang sudah disiapkan di Kantor Imigrasi,” ujar salah seorang warga bernama Annisa Rahmania.

Seluruh dokumen persyaratan tersebut wajib dibawa dan difotokopi di kertas A4. “Membuat paspor untuk anak terbilang tidak merepotkan. Karena di Kantor Imigrasi juga menyediakan antrean khusus atau prioritas untuk anak, lansia, dan difabel. Jadi proses antre juga tidak memakan waktu banyak,” kata warga lain bernama Renata Tobing.

Loading...