Proses Memasak Lebih Singkat, Ini Harga 1 Set Panci Presto Medeenalux

Harga, 1, set, panci, Medeenalux, jenis, presto, 9, liter, merek, merk, masak, memasak, efisien, singkat, manfaat, kesehatan, ekonomi, di, pasaran, pressure, cooker, belly, dijual, bijian, sehat, gizi, faktor, aman, murah, kualitas, Medeena LuxIlustrasi: Memasak makanan dengan panci presto (youtube: Justinus Bramanto)

Hingga saat ini masih banyak dari kita yang ragu dan takut saat akan menggunakan panci presto, terlebih untuk pertama kali. Panci presto merupakan alat masak berbentuk panci yang bisa memasak makanan dengan lebih cepat, lebih sehat, dengan kandungan gizi dan rasa yang tetap terjaga.

Alat masak yang satu ini biasa disebut dengan pressure cooker, karena menggunakan bantuan uap air bertekanan tinggi dalam proses masak-memasaknya. Sedangkan, cara memasaknya disebut dengan pressure cooking. Uap panas bertekanan tinggi hasil pressure cooking inilah yang sering ditakutkan saat seseorang hendak menggunakan panci presto.

Manfaat panci presto dalam proses masak-memasak di dapur sangatlah banyak. Baik dari segi kesehatan, ekonomi, kepraktisan, dan tentu saja cita rasa dari makanan itu sendiri. Di antara manfaat panci istimewa ini adalah menjadikan makanan lebih sehat, kandungan gizi dan rasa makanan terjaga, lebih efisien dan hemat energi, multifungsi, dan perawatannya mudah.

Berbeda dengan panci biasa, panci presto memiliki tutup yang sangat rapat sehingga uap air hasil pemanasan tidak bocor keluar, namun tetap berkumpul dalam unit panci. Akibatnya, suhu dalam panci menjadi sangat panas. Dengan suhu sepanas itu, maka mikroorganisme yang mampu bertahan sampai 100 derajat celsius pada panci biasa akan mati.

Selain itu, karena makanan dimasak dalam suhu yang sangat panas, maka proses masak-memasak menjadi lebih singkat. Bahkan bisa hingga 70% lebih singkat ketimbang memasak dengan panci biasa. Hasilnya, makanan pun diklaim lebih sehat karena semakin sedikit kandungan gizi dan nutrisi yang hilang atau rusak. Selain itu, tentu saja lebih hemat energi.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat menggunakan panci presto yaitu mengisi panci sampai penuh. Padahal hal tersebut justru tidak baik. Sebaiknya, isi panci dengan air dan daging sampai setengah panci saja agar tekanan dalam panci tidak berkurang dan daging matang secara merata. Mengisi panci secukupnya juga akan menghindari kerusakan pada panci karena bekerja terlalu keras.

Ciri khas dari panci presto adalah bunyi yang nyaring dihasilkan saat tekanan uap sudah tinggi. “Nah, saat panci presto Anda sudah berbunyi, sebaiknya kecilkan api demi menghemat gas. Karena saat panci sudah berbunyi, otomatis uap sudah tinggi, sehingga besarnya api tidak akan mempengaruhi tingkat kematangan daging. Kalau Anda ingin menggunakan api besar, gunakan hanya di waktu awal memasak saja,” ujar salah seorang koki di Jakarta.

Setelah mematikan , usahakan untuk tidak langsung membuka paksa tutup panci, karena uap di dalam panci masih tinggi sehingga jika tutup panci dibuka secara paksa, maka uap akan terdorong keluar dan tidak menutup kemungkinan uap tinggi tersebut akan melukai anda. Jadi demi menghindari kecelakaan, ada baiknya Anda membiarkan semua uap dalam panci keluar dengan sendirinya. Baru setelah itu Anda bisa membuka tutup panci dengan aman tanpa takut terkena uap panas.

Salah satu faktor yang berpengaruh pada hasil maupun keamanan saat memasak presto adalah kondisi dari panci presto itu sendiri. Pastikan untuk selalu menggunakan panci presto yang berkualitas bagus. Jangan tergiur dengan sejumlah tawaran murah, namun kualitasnya kurang bagus. Di , sudah banyak merek panci presto yang per biji ataupun satu set beserta macam panci lainnya, salah satunya adalah merk Medeena Lux. 1 set presto belly atau panci presto pressure cooker 9 liter merk Medeenalux biasanya ditawarkan dengan harga Rp600 ribu hingga Rp700 ribuan.

Loading...